Agar Sukses, Ikuti Tips dari David Karto untuk Musisi atau Band Baru
David Karta dalam event Evoria Festival & Conference di M Bloc Space, Jakarta, Sabtu 11 Maret (Rifky Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Dalam event Evoria Festival & Conference di M Bloc Space, David Karto menjadi salah satu pembicara pada sesi Music Conference di Creative Hall dengan tema Muslihat Cerdik Menembus Festival Musik.

Salah satu penggagas Synchronize Festival itu menyampaikan beberapa tips untuk band atau musisi baru yang ingin meningkatkan karir bermusiknya.

Ia mengatakan, hal utama yang paling penting pada tahap pertama adalah memperluas relasi.

"Sebetulnya ya, di dunia manapun engga di festival aja, relasi atau hubungan itu sudah pasti. Misal, jangan sungkan buat say hai ke banyak band. Buka pembicaraan dengan orang lain, jadi istilahnya jemput bola sih. Dan itu modal utama," ujar David Karto, Sabtu 11 Maret.

Kedua, David menambahkan, musisi atau band tersebut harus memiliki kemampuan dan kreativitas yang mumpuni sehingga bisa dengan mudah muncul ke permukaan kancah musik nasional.

"Buat sesuatu yang keren, kreatif, sehingga bikin orang kagum. Karena secara tidak langsung itu akan menaikkan mereka sendiri di industri musik atau skenanya," imbuh David.

Terakhir, ia menyarankan untuk tetap berusaha mempromosikan karyanya di media sosial.

"Ini engga boleh dilupain, berpromosi terus di media sosialnya. Karena dengan begitu nantinya bisa aja tiba-tiba band itu ada di media apa atau di-review di Youtube siapa. Jadi ya konvensionalnya jangan dilupain lah," tutup David.

Selain David Karto, tentunya para pembicara lain pada hari ini yang turut hadir pada sesi Music Conference di Creative Hall, M Bloc Space, Jakarta, yaitu Rudolf Dethu, Edy Khemod, dan Armand Maulana.