Bagikan:

JAKARTA - Dalam sebuah wawancara dengan Matilda Svensson dari Chile's Radio Futuro, mantan drumer Dream Theater, Mike Portnoy ditanya soal saran yang akan dia berikan kepada calon musisi yang ingin mengikuti jejaknya. 

"Anda lihat di Instagram atau YouTube, ada semua drumer muda — dan maksud saya masih muda; saya lihat gadis berusia enam tahun memainkan isian drum saya di Instagram atau apa pun. Jadi sungguh luar biasa bahwa bar telah meningkat begitu tinggi dengan para musisi dan penabuh genderang muda ini, dan mereka semua sangat berbakat," kata Portnoy membuka.

“Nasihat apa yang akan saya berikan? Cobalah untuk belajar sebanyak mungkin dari sebanyak mungkin orang, tetapi juga bermain dengan musisi lain,” lanjutnya.

“Sungguh luar biasa melihat anak-anak muda ini memainkan semua bagian drum saya yang gila dan teknis, itu jelas sangat mengesankan secara teknis, tetapi bermain drum lebih dari sekadar memainkan bagian ini," jelas Portnoy.

"Jadi, bermainlah dengan musisi lain. Tulis musik kalian sendiri. Ini bukan hanya tentang memainkan instrumen kalian ke pengikut Instagram; ini tentang bermain dengan musisi lain dan menciptakan musik. Dan ini tentang bagaimana kalian menggunakan instrumen dalam konteks gambar yang lebih besar dan musik yang kalian tulis. Jadi itu saran saya."

Portnoy, yang ikut mendirikan Dream Theater lebih dari 37 tahun lalu, tiba-tiba keluar dari band pada September 2010 saat tur bersama Avenged Sevenfold. Sejak itu, dia digantikan oleh Mike Mangini (Annihilator, Extreme, James LaBrie, dan Steve Vai.