Jaz Tutup Tahun dengan Single Ceria, <i>Move On Tutorial</i>
Jaz (Sony Music)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang berakhirnya tahun 2022, Jaz merilis single terbaru berjudul Move On Tutorial. Lagu ini menampilkan sisi baru Jaz dalam bermusik setelah melepas album perdananya berjudul Transisi pada tahun yang sama.

“Setelah album Transisi yang banyak menghadirkan eksperimen dari segi musik, rasanya lagu ini pas banget untuk menggambarkan bahwa aku move on ke fase berikutnya. Jadi, ini memang transisi perjalanan musik Jaz,” kata Jaz.

Move On Tutorial sekilas bertemakan jatuh cinta, namun Jaz memaknai lagu ini sebagai wujud perpindahan dari satu sisi ke sisi lainnya dalam perjalanan hidup.

Jaz sendiri tampil lebih warna-warni mulai dari pakaian hingga video lirik yang dirilis pada hari yang sama.

“Setiap orang pasti pernah sedih dan tersakiti. Tapi, suatu saat, rasa sakit hati itu akan hilang dan digantikan oleh sesuatu yang baru. Entah itu dalam bentuk seseorang atau situasi yang baru. Untuk mengingatkan akan hal itulah, lagu “Move On Tutorial” ini lahir,” kata pria kelahiran Brunei Darusalam ini.

Lagu R&B Pop ini dibuat Jaz bersama Kaleb J. Di antara lagu yang diciptakan Kaleb, Jaz sangat menyukai materi Move On Tutorial. Dibanding rilisan sebelumnya, Move On Tutorial terdengar lebih segar dan tetap sesuai dengan warna suara Jaz.

“Musik dan temanya memang aku banget, tapi ada sedikit perubahan dari lagu-lagu yang terdahulu karena beat-nya terdengar seksi dan menghentak. Serunya kerja sama dengan teman baru adalah nuansa segar yang dihadirkan. Treatment audio dan sound-nya terasa lebih modern," jelas Jaz.

“Proses rekaman single ini juga jadi momen untuk belajar karena aku jadi dapat banyak hal baru dan masukan dari para musisi yang membantuku di sini. Di tengah obrolan kami, aku bisa belajar tentang formula penulisan lagu dan bagaimana pemilihan judul yang catchy dan unik,” ujar Jaz mengenai judul lagu barunya.

Move On Tutorial diharapkan Jaz menjadi penanda bagi karya bermusiknya juga industri musik. Dengan banyaknya festival dan acara musik, ia berharap apresiasi terhadap musiknya bisa lebih besar dari sebelumnya.

Lagu terbaru Jaz, Move On Tutorial bisa didengarkan mulai hari ini, Jumat, 23 Desember di seluruh layanan streaming.