Bagikan:

JAKARTA - PT Astra Honda Motor (AHM) bersama PT Wahana Makmur Sejati (WMS) terus mendorong para pelajar untuk siap menghadapi dunia kerja. Sejumlah sarana dan prasarana disediakan agar generasi muda dapat terserap industri.

Salah satunya adalah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) binaan PT AHM yang telah dirintis sejak tahun 2010. Bekerja sama dengan berbagai Main Dealer, SMK binaan PT AHM berjumlah ratusan di 34 provinsi di Indonesia. 

“Selain peran serta sejumlah AHASS, kami juga memiliki Training Center di Jatake, Tangerang untuk meningkatkan dan menguji kompetensi tak hanya peserta didik, melainkan juga para guru di 56 SMK binaan PT AHM di Jakarta-Tangerang,” kata Head of Technical Service Department PT WMS Benedictus F. Maharanto, dalam keterangan resminya, Rabu, 22 Mei. 

SMK binaan PT AHM mengusung kurikulum bernama Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda dengan konsep teaching factory (TEFA). Honda juga melakukan pemantauan dan mendampingi perkembangan peserta didik. 

Sinergi Bagi Negeri kental terlihat untuk menyiapkan generasi muda bangsa ini menatap masa depannya. Pasalnya, PT WMS juga menjalin sinergi dengan berbagai bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) di Jakarta-Tangerang untuk mengembangkan potensi para pelajar SMK binaan tersebut. 

Pria yang akrab disapa Beni ini meneruskan, pengembangan dan pengujian kompetensi para peserta didik serta tenaga pengajar dilakukan secara bertahap, sistematis, dan berkesinambungan.

“Belum lama ini, misalnya, kami mengadakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bersertifikasi setara technical training level (TTL) 1 sehingga siswa lulusan yang bekerja di AHASS bisa meningkatkan kompetensinya ke TTL 2. Total, ada 25 peserta didik yang merupakan lulusan SMK binaan PT AHM sudah bekerja di AHASS di Jakarta dan Tangerang,” papar Beni.

Beni menuturkan semua ini membuktikan komitmen besar Honda dalam membangun sumber daya manusia (SDM) unggul, di bidang vokasi yang sesuai dengan kebutuhan industri, terutama AHASS. 

"Ini komitmen besar Honda dalam membangun SDM yang unggul," pungkasnya.