Pulsar NS400, Motor Besar Baru dari Bajaj Auto
Pulsar NS400. (Dok. Bajaj Auto)

Bagikan:

JAKARTA - Bajaj Auto telah gencar mengeluarkan teaser motor terbarunya, Bajaj Pulsar NS400 melalui akun media sosialnya. Akhirnya. hari ini, Jumat 3 Mei, motor terbesar dari jajaran Pulsar yang pernah diproduksi ini diluncurkan sekaligus menjadikannya motor paling terjangkau di segmen 400cc.

Berikut rangkuman spesifikasi dan fitur yang sudah diungkap, dilansir dari Bikedekho, 3 Mei.

Desain

4

Pulsar NS400 mengusung desain serupa dengan seri Pulsar NS lainnya, namun dengan beberapa perubahan. Perubahan utama terdapat pada lampu depan yang kini menggunakan LED proyektor dengan DRL berbentuk petir. Spionnya mirip dengan Bajaj Dominar 400, kemungkinan besar menggunakan komponen yang sama. Suspensi depan upside down dengan finishing emas menambah kesan premium pada motor ini.

4

Tangki bahan bakarnya berotot, seperti ciri khas seri NS. Namun, pada NS400 lekukannya terlihat lebih membal dibandingkan Pulsar NS200. Tangki ini juga dilengkapi dengan pelindung tangki serupa dengan NS200. Jok motornya terpisah dengan begel penumpang terpisah pula. Bagian belakangnya tajam, mirip dengan NS200.

Untuk pilihan warna, Bajaj Pulsar NS400 menawarkan 4 pilihan: merah, putih, abu-abu dengan aksen merah, dan abu-abu dengan aksen kuning neon. 

Mesin, Rangka, dan Performa

4

Pulsar NS400 menggunakan mesin 373.3cc liquid-cooled single-cylinder yang sama dengan Dominar. Tenaga yang dihasilkan mesin ini adalah 40PS dan 35Nm. Namun, perkiraannya Bajaj akan menyesuaikan rasio gear agar sesuai dengan karakter streetfighter dari NS400. Hal ini terlihat dari sprocket yang berbeda dengan Dominar, sehingga mungkin saja Bajaj memberikan penyetelan yang lebih sporty.

NS400 menggunakan rangka perimeter sama seperti seri NS lainnya. Namun, pada NS400 rangka lebih besar dan kuat untuk mengakomodasi mesin 373.3cc yang lebih bertenaga dan bobot motor yang lebih berat.

Suspensinya menggunakan upside down di depan dan monoshock dengan gas di belakang. Sementara peleknya berukuran 17 inci depan belakang dengan ban MRF Revz-S. Pengereman menggunakan cakram di kedua roda dengan kaliper Grimeca. Motor ini akan dilengkapi dengan ABS dual-channel sebagai standar.

NS400 menggunakan panel instrumen LCD warna dengan sisipan TFT di sebelah kanan. Panel ini menampilkan kecepatan, bahan bakar, posisi gear, odometer, dan tripmeter. Panel instrumen ini juga memiliki fitur koneksi smartphone seperti navigasi turn-by-turn dan pemberitahuan panggilan/SMS. Informasi navigasi akan ditampilkan pada sisipan TFT di sebelah kanan.

Panel instrumen ini juga menampilkan mode berkendara dan kontrol traksi. Berdasarkan gambar, terlihat ada 4 mode: Road, Sport, Rain, dan Off-Road. Namun belum diketahui apakah mode ini mempengaruhi performa mesin atau hanya mengatur ABS.

Tombol sebelah kiri NS400 didesain ulang dan terlihat mirip dengan KTM 390 Duke. Selain itu, motor ini akan dilengkapi dengan lampu full LED.

Harga dan Lainnya

Bajaj Pulsar NS400 dibanderol 185.000 rupee atau setara Rp35,6 juta dan pengirimannya mulai Juni ini. Dengan harga ini membuatnya jauh lebih terjangkau dibandingkan kompetitornya di segmen 300-400cc seperti KTM 390 Duke, Triumph Speed 400, Husqvarna Svartpilen 401 dan TVS Apache RTR 310.