Bagikan:

JAKARTA - Produsen mobil asal China tak ada hentinya dalam berinovasi melahirkan model terbaru, salah satunya yang diperkenalkan oleh Dongfeng berupa konsep truk listrik yang mirip dengan Tesla Cybertruck.

Truk listrik dari Dongfeng hadirkan pada ajang Auto China 2024 yang disebut dengan konsep E-Truck, atau sebagai pikap konsep 2024. Memang secara desain terlihat jelas sekali bahwa truk listrik tersebut terinspirasi dari Cybertruck.

4

Jika dilihat lebih detail, mobil satu ini hadir dengan desain yang jauh lebih lembut dari Cybertruck pada beberapa lekukan yang dihadirkan, tapi hadir dengan panel bodi biasa (bukan baja tahan karat). Selain itu, truk satu ini dilengkapi dengan lampu LED, dan logo Dongfeng yang menyala.

4

Sementara, pada bagian samping terdapat kamera sebagai pengganti kaca spion dan garis jendela yang lebih biasa ketimbang Cybertruck. Pada bagian belakang, terdapat lampu ganda sebagai panel display.

Masuk ke dalam kabin, konsep satu ini dilengkapi dengan layar besar yang memenuhi area dashboard, termasuk dua layar yang terhubung ke kamera samping. Bagian setir kemudi juga tergolong cukup modern.

Soal powertrainnya, Dongfeng mengeklaim trik listriknya dibangun di atas platform listrik yang dilengkapi powertrain dengan tenaga 1.305 hp, jauh lebih besar daripada Cybertruck versi Cyberbeast yang bertenaga 845 hp.

Perusahaan belum memastikan apakah konsep tersebut pada akhirnya akan menjadi model produksi yang dijual ke konsumen. Namun jika bicara harganya, meski bertenaga lebih besar namun dengan bahan material bodi yang di bawah Tesla, diprediksi harganya jauh lebih murah daripada kendaraan mewah Tesla, berdasarkan subsidi kendaraan listrik (EV) senilai miliaran dolar di China.