Bagikan:

JAKARTA - PT Layur Astiti Bumi Kencana, sebagai importir dan distributor dari BMW Motorrad di Indonesia resmi meluncurkan motor classic cruiser, R12, dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

Peluncuran ini sekaligus debut perdana dari model ini di wilayah Asia-Pasifik.

“Hari ini kami akan luncurkan produk andalan, yakni R12. Peluncuran ini bukti wujud komitmen kami sebagai importir umum untuk memperluas model di Indonesia,” kata Fransiska Ingris, selaku Chief Executive Officer BMW Motorrad Indonesia, saat peluncuran di Kemayoran, Jakarta, Selasa, 20 Februari.

Meskipun memiliki desain yang klasik khas motor Eropa, motor ini dilengkapi beragam fitur modern, terdiri Gear Shift Assistant, Hill Start Control, Connected by Ride Control, Cruise Control, serta ABS Pro.

“Motor ini memiliki tampilan classic cruiser. Namun, ini dipadukan dengan teknologi canggih di dalamnya,” tambah Davy Tuilan, sebagai Chief Operating Officer BMW Motorrad Indonesia.

6

Gear Shift Assistant berguna dalam perpindahan gigi tanpa kopling sehingga pengendara dengan mudah melakukan pergantian transmisi secara mulus tanpa adanya lag atau hambatan.

Sementara itu, Hill Start Control berguna sebagai fitur keselamatan yang membantu berkendara pada jalur tanjakan atau turunan. Sistem ini dapat menahan motor saat posisi menanjak atau turun dengan menarik tuas rem pada sepeda motor selama 5 detik dan membuat motor tertahan.

5

Kemudian, Connected by Ride Control memiliki fungsi sebagai penghubung lewat Bluetooth ke ponsel cerdas pengendara melalui aplikasi BMW Motorrad Connected.

Fitur yang ada pada kendaraan roda empat seperti Cruise Control juga ditawarkan, berfungsi memudahkan pengendara melajukan motor secara stabil dengan menyetel laju kendaraan dengan kecepatan tertentu.

ABS Pro dihadirkan sebagai standar yang terdiri dari dua macam, yaitu Cornering ABS berguna dalam meminimalkan perubahan kemiringan motor saat rem motor diaktifkan, sehingga kondisi understeer atau oversteer bisa dihindari.

Selanjutnya ada Part Integral ABS yang berfungsi mengaktifkan rem depan dan belakang secara bersamaan ketika tuas rem tangan digunakan dan mengoptimalkan sudut dan distribusi gaya pengereman dinamis.

Terkait harga, BMW Motorrad membanderol R 12 seharga Rp775,9 juta On The Road DKI Jakarta dengan menawarkan dua opsi warna, yaitu Blackstorm Metallic dan Aventurine Red.