Zero dan Hero MotoCorp Kolaborasi Kembangkan Empat Motor Listrik Baru
Jajaran motor Hero di EICMA 2023. (Dok. EICMA)

Bagikan:

JAKARTA - Ragam pabrikan roda dua berlomba untuk menciptakan model motor listrik terbaru yang syarat kecanggihan teknologi, bahkan tak sedikit para produsen bekerja sama dalam pengembangan platform untuk memudahkan kelahiran berbagai macam model terbaru.

Zero Motorcycles baru saja menandatangani kesepakatan dengan Hero MotoCorp India, untuk menjual sepeda motor merek tersebut di pasar India, mengutip dari laman Rideapart, Senin, 29 Januari. 

Menurut laporan terbaru dari media lokal India mengungkapkan bahwa kedua perusahaan tersebut bekerja sama untuk mengembangkan platform listrik baru. Lebih spesifiknya, dalam laporan Interaksi Investor Hero MotoCorp tertanggal 23 Januari 2024 terungkap bahwa platform motor listrik mendatang akan melahirkan setidaknya empat model sepeda motor berbeda.  

Pendekatan Hero dan Zero kabarnya akan hadir dalam dua fase. Fase pertama akan melibatkan peluncuran dua model berperforma tinggi, keduanya didukung oleh teknologi yang sama, namun mengusung gaya bodi yang berbeda.  

8
Zero boyong ragam motor listrik ke pameran EIMA 2023

Selanjutnya, kemitraan ini akan menawarkan sepeda motor listrik kelas menengah, mungkin menggunakan powertrain yang sama meskipun disetel untuk performa yang lebih ramah bagi pemula.Diharapkan peluncuran pertama akan berlangsung pada 2025.

Perlu diketahui, Zero dari awal berdiri hanya memproduksi sepeda motor listrik sementara Hero juga memiliki sub merek, Vida, yang fokus pada model-model sepeda motor listrik. Kolaborasi antara Hero dan Zero diharapkan akan menghasilkan sepeda motor yang memiliki teknologi dan performa serupa dengan Zero, namun dengan harga yang jauh lebih terjangkau untuk lebih banyak pengendara.  

Jika melihat laporan yang ada, tampaknya setidaknya satu model di setiap fase akan menjadi motor yang fokus pada jalan raya, sementara model lainnya akan menjadi model yang lebih sporty dengan ergonomi yang lebih agresif.