Ducati Amerika Utara Lakukan Recall Model XDiavel S dan STD Tahun 2016-2023 karena Masalah Ini
DucatiĀ  XDiavel. (Dok. Ducati)

Bagikan:

JAKARTA - Ducati Amerika Utara mengumumkan recall atau penarikan kembali untuk model XDiavel S dan STD tahun 2016-2023, disebabkan potensi patahnya sandaran penumpang.

Dilansir dari laman Rideapart, Kamis, 28 Desember, pemasangan suku cadang yang salah atau penggunaan yang tidak benar oleh penumpang dapat mengakibatkan patahnya sandaran punggung, berpotensi menyebabkan cedera.

Ducati Amerika Utara mencatat bahwa sekitar 2.906 unit kemungkinan perlu direcall, yang mewakili satu persen dari total populasi sepeda motor tersebut.

Tidaklah menjadi peristiwa yang pertama bagi XDiavel untuk mengalami recall. Model ini sebelumnya telah direcall pada tahun 2016-2018 karena masalah pemasangan roda belakang yang salah.

Dalam penyelidikan terbaru, Ducati Amerika Utara mengidentifikasi enam potensi kasus keamanan terkait, meskipun tidak ada kasus yang dilaporkan di wilayah Amerika Serikat.

Menyikapi hal ini, dealer resmi Ducati Amerika Utara telah diberi instruksi untuk memeriksa pemasangan sandaran penumpang, memastikan prosedur yang benar, dan mengecek pengencangan yang tepat. Sebagai bagian dari recall, dealer juga akan memasang stiker peringatan di semua XDiavel untuk memberi informasi kepada penumpang mengenai penggunaan sandaran dengan aman.

Dalam pelaksanaan recall ini, dealer Ducati akan mengambil beberapa langkah untuk menangani masalah tersebut:

  • Pada XDiavel yang memiliki sandaran, dealer akan memeriksa kondisi sandaran untuk menentukan apakah ada kerusakan. Jika tidak rusak, sandaran akan dipasang kembali sesuai dengan spesifikasi torsi Ducati.

  • Jika terdapat kerusakan pada sandaran, dealer akan menggantinya secara gratis dan memasangnya sesuai instruksi Ducati.

  • Jika sandaran tidak terpasang pada sepeda motor, pemilik akan diinstruksikan untuk membawa sandaran ke dealer Ducati setempat guna pemeriksaan dan pemasangan stiker peringatan. Jika pemilik memutuskan untuk memasang sandaran di kemudian hari, mereka harus membawanya ke dealer Ducati untuk memastikan pemasangan sesuai dengan instruksi.

  • Pada semua kasus recall XDiavel, dealer Ducati akan memasang stiker peringatan baru di sandaran punggung, memberikan informasi kepada penumpang mengenai penggunaan yang benar sesuai petunjuk Ducati.

Terkait