KTM 450 SX-F Factory Edition 2024, Mendominasi Arena Motocross Dunia di Tahun 2024?
450 SX-F Factory Edition 2024. (Dok. KTM)

Bagikan:

JAKARTA - KTM telah meluncurkan KTM 450 SX-F Factory Edition 2024 pertengahan bulan Desember ini namun harganya belum diungkap. KTM 450 SX-F Factory Edition 2024 ini diklaim akan menjadi "tonggak baru" dalam kompetisi motocross dunia.

Dilansir dari laman perusahaan, Factory Edition 2024 merupakan versi teratas dari KTM 450 SX-F atau dibekali serangkaian peningkatan yang dikembangkan melalui tim balap pabrikan mereka.

Salah satu fitur unggulan adalah Connectivity Unit Offroad (CUO) yang memungkinkan penyesuaian mesin dan suspensi melalui aplikasi KTMConnect tanpa perlu bantuan teknisi eksternal. Sistem ini terdiri dari dua bagian: unit utama yang terpasang di antara garpu kanan (dilindungi nomor start) dan unit GPS di sepatbor depan.

6

KTM turut menyempurnakan rangka motor dengan variasi ketebalan dinding dan bagian yang dipotong untuk meningkatkan fleksibilitas sekaligus mengurangi bobot. Suspensi depan WP XACT 48mm kini hadir dengan WP Factory Start Device untuk membantu meraih holeshot.

Tautan kejut belakang didesain ulang untuk mengoptimalkan berat dan kekakuan, bahkan baut tautan pun lebih kecil dan ringan, langsung diambil dari motor balap pabrikan. Mesin 450cc silinder tunggal yang bertenaga kini bernapas lebih lega berkat saluran udara yang diperbarui, sementara knalpot slip-on Akrapovič titanium yang ringan mengurangi bobot dan meningkatkan tenaga.

9

Beberapa peningkatan lainnya termasuk spoiler tangki baru untuk pendinginan yang lebih baik, pelindung rangka, pelat bawah yang diperkuat, dan penutup kopling billet. Grip stang ODI abu-abu yang ergonomis, set roda DID dengan hub machined berwarna oranye, pedal rem belakang yang lebih kaku dan kuat, rem depan yang ditingkatkan, serta grafis Factory khusus melengkapi kegarangan motor ini.

Kabar terbaru, dilansir dari MCN, 26 Desember, KTM 450 SX-F Factory Edition 2024 akan memulai debutnya pada peluncuran musim AMA Supercross 2024 di bulan Januari dan tersedia di Inggris mulai April 2024 dengan harga perkiraan 11.449 poundsterling atau setara Rp224 juta.