Mau Coba Sensasi Motocross? Ini Tips Menarik dari Pembalap Motocross Kawasaki untuk Pemula
Menjajal trek motocross. (Foto: Afrizal Abdul Rahman/VOI) 

Bagikan:

JAKARTA - Dalam dunia motocross, terjun ke lintasan penuh tantangan dan adrenalin adalah pengalaman yang sangat menyenangkan.

Pembalap Motocross Kawasaki Indonesia, I Gusti Ngurah Diva Ismayana Tjahjadi, berbagi tips menarik bagi para pemula atau penghobi yang ingin memulai petualangan mereka di dunia motocross.

Sebelum memulai, Diva menekankan pentingnya kelengkapan perlengkapan keselamatan. Ini mencakup helm, bodi protector, pelindung lutut, jersey, dan sepatu khusus. Perlengkapan keselamatan ini sangat penting untuk melindungi tubuh dari cedera saat menjalani lintasan yang penuh rintangan.

"Pastikan untuk melengkapi safety gear, meliputi helem, bodi protector, protector lutut, jersey, dan sepatu khusus," katanya, kepada VOI, saat ditemui di Bogor, Sabtu, 2 Desember.

Bagi para penghobi yang baru terjun, Diva menyarankan untuk memastikan bahwa mereka dapat menggunakan sepeda motor dengan kopling dan mulai mencoba perlahan. Dia menjelaskan bahwa berkendara di trek motocross berbeda dengan berkendara di jalan raya biasa karena tanah yang digunakan. Namun, dengan ban yang sesuai untuk tanah, pengendara dapat merasakan keamanan dan mencegah selip.

"Karena jalan raya biasa dan trek itu sangat berbeda dikarenakan tanah. Tapi, sebenarnya kalau pakai ban yang cocok (untuk tanah) tidak licin dan lebih safety untuk pengguna," tambahnya.

Selain memperhatikan perlengkapan berkendara, Diva menyoroti pentingnya persiapan fisik sebelum memasuki trek. Ini termasuk latihan push-up dan jogging untuk menghindari kelelahan saat di atas motor.

“Selain itu, jangan pernah meremehkan trek agar tetap aman,” pungkasnya.

Bagi para pemula yang tertarik untuk terjun ke dunia motocross, tips pembalap berpengalaman seperti Diva dapat menjadi panduan yang berharga. Dengan persiapan yang baik, keamanan, dan dedikasi untuk memahami teknik dasar, penghobi motocross dapat menghadapi tantangan dengan keyakinan dan kesenangan.