Bagikan:

JAKARTA- Boks motor kerap digunakan sebagai bagasi tambahan terutama bagi yang suka berpergian jauh, atau touring. Nah, bicara boks ternyata juga membutuhkan perawatan rutin.

Tujuannya bukan lain agar boks motor tetap awet digunakan dalam jangka panjang. Kali ini, SHAD Indonesia salah satu produsen boks dan aksesoris motor memberikan tips menarik. Lantas apa saja?

"Perawatan boks itu ada dua, ketika digunakan dan tidak. Pertama itu saat digunakan pastikan tidak over load, dan mengetahui kapasitas maksimal," kata Syahriel Andriansyah, Sales Departement Shad Indonesia, kepada VOI.ID, Sabtu, 28 Oktober.

Lebih lanjut ia mengatakan, ketika kapasitas muatan berlebihan tentu bisa menyebabkan kerusakan pada boks, seperti bagian bracket yang bisa tak berfungsi lagi.

Selain itu ia juga menekankan jangan mencuci boks dengan bahan sembarangan, misalnya menggunakan sabun dengan derajat keasaman atau pH yang tinggi.

"Disarankan pakai air bersih biasa saja, lalu dibilas sebentar dan keringkan. Karena rekomendasinya itu wajib menggunakan sabun pH nol, dan itu sulit ditemukan," paparnya.

Terakhir ia juga menyarankan untuk menyimpannya di tempat yang benar, ketika boks motor tidak digunakan.

"Kalau boks tidak digunakan itu pastikan disimpan dalam tempat yang kering, jangan lembab sebab dapat menimbulkan jamur," tungkasnya.