Banyak Hal Sepele, Ini Penyebab Ban Motor Cepat Rusak
Foto ilustrasi. (Dok. Freepik)

Bagikan:

JAKARTA- Normalnya penggantian ban motor membutuhkan waktu yang lama, namun tak sedikit pengendara roda dua harus merogoh kocek lebih cepat untuk mengganti sebuah ban.

Ternyata ada beberapa penyebab ban motor cepat rusak, termasuk kecerobohan pengendara itu sendiri.

Dikutip dari laman FDR, Rabu, 4 Oktober banyak juga penyebab ban cepat rusak salah satunya kelebihan berat barang bawaan. Padahal sudah jelas tertera pada Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, dimana motor tidak diperuntukkan sebagai alat angkutan umum dan barang.

Cara pengereman pengendara juga bisa menjadi salah satu biang keladinya. Di mana ban akan mengalami spot wear atau kerusakan ditandai dengan kerusakan di bagian tertentu. Kondisi ini terjadi karena pengguna roda dua sering melakukan rem mendadak.

"Biasanya itu tekanan ban sembarangan, padahal direkomendasikan untuk ban depan tekanannya 29 PSI dan belakang 33," kata Andi Saeful, Teknisi Planet Ban, Depok, kepada VOI.ID, beberapa waktu lalu.

Selain itu faktor lain yang menjadi penyebab sering menghantam lubang. Kondisi ini tentu sangat berkaitan dengan cara penggunaan motor selama di jalan.

Jadi, banyak hal yang dapat memperpendek umur ban, untuk itu wajib memperhatikan hal di atas.