Daftar Penyebab Aki Motor Cepat Soak
Ilustrasi aki motor (Antara)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pengendara disarankan untuk mengetahui apa saja penyebab aki motor cepat soak. Pasalnya, jika kondisi tersebut terjadi artinya ada masalah yang harus segera ditangani, baik pada sepeda motor baru maupun lama.

Keberadaan aki pada sepeda motor sendiri jadi salah satu komponen penting untuk menunjang mobilitas kendaraan terutama pada hal-hal yang berkaitan dengan kelistrikan. Lalu apa saja yang menjadi sebab aki motor cepat rusak?

Penyebab Aki Motor Cepat Soak

Akumulator atau aki adalah komponen yang berfungsi sebagai penyimpanan energi listrik. Jika kendaraan tak memiliki aki maka tak akan ada percikan api pada busi sehingga pembakaran sulit terjadi. Selain itu aki juga jadi sumber energi bagi komponen kendaraan lain seperti klakson, starter, lampu, dan sebagainya.

Fungsi aki yang sangat penting membuat keberadaan aki tak bisa diabaikan sehingga perlu dilakukan servis atau perawatan berkala.Aki juga bisa bermasalah jika ada sesuatu yang tak beres seperti terjadinya konslet. Jika kondisi itu terjadi, aki motor cepat rusak dan harus diganti. Lalu apa saja penyebab aki motor sering soak? Berikut rangkumannya, dikutip dari berbagai sumber.

  1. Jaringan Kelistrikan Bermasalah

Sepeda motor tidak hanya terdiri dari rangkaian mesin saja namun juga terdapat jaringan kabel yang berfungsi untuk menyalurkan listrik. Jika jaringan listrik bermasalah maka akan berdampak pada aki yang cepat rusak.

Perlu diketahui bahwa aki juga mampu menyimpan daya saat mesin motor menyala. Jaringan listrik yang bermasalah membuat pengisian daya aki jadi tak maksimal sehingga daya listrik aku terkuras dan cepat rusak.

  1. Daya Aki Habis

Ada dua jenis aki yang banyak dipakai pada kendaraan sepeda motor yakni aki basah dan aki kering. Keduanya sama-sama menyimpan daya. Pada aki kering, potensi daya aki habis bisa terjadi. Cobalah untuk melakukan pengecekan apakah aki yang tertanam pada kendaraan masih berfungsi dengan baik atau tidak.

Sedangkan pada aki basah, penyimpanan daya bisa terjadi secara terus menerus. Jika daya aki selalu habis dan tak bisa diisi ulang, artinya ada masalah pada komponen ini.

  1. Aki Tak Sesuai dengan Kendaraan

Memilih aki juga tak bisa sembarangan. Aki harus disesuaikan sesuai standar dengan mempertimbangkan banyak hal, salah satunya adalah kendaraannya. Jika aki tak standar maka komponen itu akan cepat rusak. Gantilah aki di bengkel resmi kendaraan Anda.

  1. Terlalu Banyak Aksesoris Listrik

Sebagian masyarakat memiliki hobi menambahkan aksesoris tambahan pada kendaraan motor mereka seperti lampu penerangan tambahan, strobo, klakson, spidometer, dan masih banyak lagi. Aksesoris tersebut aktif dengan suplai daya dari aki. Jika aksesoris terlalu banyak maka aki akan cepat soak karena tak mampu menghidupi aksesoris tersebut secara bersamaan.

  1. Cuaca Ekstrem

Cuaca ekstrem juga berpengaruh pada tingkat keawetan aki. Saat suhu terlalu dingin atau terlampau panas, aki akan cepat habis bahkan cepat rusak. Saat cuaca ini terjadi, Anda harus melakukan perawatan terhadap aki ekstra ketat.

  1. Lupa Mematikan Kendaraan

Anda tentu pernah lupa mematikan kendaraan bermotor setelah tak memakainya lagi. Meski mesin motor mati, komponen lain masih bisa menyerap daya pada aki seperti lampu utama atau lampu sein. Pastikan kunci tercabut dan komponen kendaraan yang membutuhkan daya aki dalam kondisi nonaktif saat sepeda motor tak dipakai lagi.

Itulah beberapa penyebab aki motor cepat soak. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.