Usia 67 Tahun Lokananta, Wendi Putranto: Mulai Dirasakan Berbagai Komunitas
Salah satu bangunan di Lokananta (Instagram @lokanantabloc)

Bagikan:

JAKARTA - Lokananta yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah hari ini merayakan ulang tahun ke-67, Minggu, 29 Oktober. Berdiri sejak tahun 1956, Lokananta yang awalnya merupakan produsen piringan hitam, dan kemudian berubah menjadi label rekaman, kini menjadi kawasan kesenian modern yang dioperasikan oleh PT Ruang Riang Lokananta.

Wendi Putranto mewakili operator, menyebutkan harapannya agar Lokananta bisa berperan aktif untuk mendukung kemajuan seni, khususnya musik di Surakarta dan sekitarnya.

“Lokananta sebagai situs cagar budaya dalam perjalanannya di tahun ke-67, selain harus beradaptasi dengan zaman juga harus relevan dan bermanfaat bagi skena musik dan kreatif terkini, khususnya di kota Surakarta dan sekitarnya,” kata Wendi Putranto dalam keterangannya, Sabtu, 28 Oktober.

Sejak kembali dibuka pada Juni lalu, respon masyarakat dan komunitas seni akan Lokananta juga memperlihatkan arah yang positif. Lebih dari 98 ribu pengunjung datang dalam kurun waktu empat bulan terakhir.

“Perannya sebagai destinasi musik dan creative hub di Surakarta perlahan mulai dirasakan oleh berbagai komunitas, mulai dari komunitas seni tradisi, edukasi, desain, musik, hingga film,” tutur Wendi.

“Sejak direvitalisasi dan dibuka kembali untuk umum mulai awal Juni lalu hingga kini, selama empat bulan terakhir Lokananta telah dikunjungi lebih dari 98 ribu pengunjung yang berasal dari berbagai kota di Indonesia,” imbuhnya.

Selama empat bulan terakhir, Lokananta juga banyak menggelar acara dari berbagai komunitas kreatif, seni budaya, pemerintah kota, BUMN hingga perusahaan dan multi-nasional.

Mulai dari acara Pemilihan Putra Putri Solo, Pentas Wayang Darmasuta, Konser musik Putri Ariani, #FlexingLokal bareng Google & YouTube Indonesia, M Bloc Design Week, serta Burnout digelar di Lokananta.

Delapan belas gerai makanan, minuman, dan produk kreatif juga telah resmi beroperasi di Lokananta. Keberadaan mereka melengkapi kawasan kesenian yang jadi lebih modern.

Adapun, untuk memperingati ulang tahun ke-67, akan digelar Lokananta 67, sebuah gelaran yang dirayakan khusus untuk perayaan hari jadi.

Lokananta 67 akan diselenggarakan di kawasan Lokananta, Surakarta, Jawa Tengah, hari ini, Minggu, 29 Oktober pukul 13.00 hingga 23.00 WIB.

Berbeda dengan Festival Lokananta 2023 pada Juni lalu, yang menghadirkan musisi dan band ternama nasional, acara Lokananta 67 akan menampilkan musisi serta band terbaik dari skena lokal terkini Surakarta, Yogyakarta dan sekitarnya.

Musisi dan band yang akan tampil adalah Shaggydog, Down For Life, Soloensis, MTAD, Malinoa and The Dogpack, Malu2x, The Glow, Man Osman, Laju Memanas, Orkes Latar Jembar, Malinoa & The Dogpack, the Mudub hingga Kid Monster.