Bagikan:

JAKARTA - Dalam gelaran Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) secara resmi mendatangkan salah satu skutik terbarunya, Burgman Street 125 EX. Namun, skutik tersebut akan menghadapi beberapa rival yang terlebih dahulu ada di Indonesia, salah satunya Yamaha Lexi.

Yamaha Lexi telah menunjukkan eksistensinya di pasar tanah air sejak 2018 lalu. Bersaing di kelas skutik 125 cc berdimensi bongsor, motor ini memiliki beragam keunggulan dari segala segi yang tentunya menarik perhatian publik.

Baik Burgman 125 EX dan Lexi sama-sama menunjukkan kualitasnya di pasar Indonesia. Apa saja perbandingan keduanya? Berikut kelebihan dan kekurangannya berdasarkan penelusuran VOI, Sabtu, 28 Oktober.

Ciri Khas Desain

Brugman Street 125EX memiliki desain yang elegan apalagi sudah dilengkapi lampu LED, membuat pencahayaan tak perlu diragukan. Gaya urban yang elegan dengan garis-garis bodi yang mewah dan dinamis, termasuk cowling depan yang futuristik dengan windscreen yang terpasang di body.

Mengusung slogan ‘Smart Is The New Sexy’, Yamaha Lexi mengusung desain yang lebih anggun dan premium dibandingkan para pesaingnya. Kesan mewah tersebut dilengkapi dengan lampu depan LED menciptakan kemewahan tersendiri pada motor ini.

5
Lexi. (Foto: Bagus Muhammad Hafizh/VOI)

Fitur dan Teknologi

Burgman Street 125 EX dibekali panel instrumen digital dengan berbagai fitur, seperti Engine Auto Stop-Start Indicator, Eco Drive Indicator, Engine Temperature, Battery Voltage Indicator, Digital Clock, Fuel Gauge, Oil Change Indicator, Dual Trip Meter, Fuel Consumption, dan Engine Check indikator.

Berpindah ke rival, Yamaha Lexi juga tidak kalah menawarkan fitur yang bervariasi seperti Stop-Start System (SSS), lampu hazard, panel instrumen digital, lampu LED, power charger, keyless, serta suspensi belakang tabung yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Performa Mesin

Suzuki Burgman Street 125 EX menggunakan mesin SOHC 125cc bersilinder tunggal dengan muntahan tenaga 6,3 kW dan torsi 10 Nm yang dikawinkan dengan teknologi Suzuki Eco Performance Alpha yang berguna dalam efisiensi bahan bakar.

Sedangkan, Yamaha Lexi memiliki mesin lebih bertenaga dengan 124,7 cc berpendingin cairan 4-stroke SOHC silinder tunggal yang menghasilkan daya hingga 8,75 kW dan torsi 11,3 Nm dengan menggunakan teknologi Fuel Injection.

Harga

Bicara harga, Burgman Street 125 EX hanya dibanderol Rp 24,7 juta berdasarkan On The Road Jakarta. Sementara itu, Yamaha Lexi dihadirkan dengan tiga varian berbeda dengan harga mulai dari Rp23 juta tipe Standard sampai harga tertingginya Rp28,6 juta untuk varian S/ABS.

Kesimpulan

Bersaing dalam pasar skutik bongsor, baik Suzuki Burgman Street 125 EX dan Yamaha Lexi memiliki ciri khas masing-masing. Untuk pelanggan yang menginginkan kebutuhan mobilitas urban dengan kehematan bahan bakar dan harga lebih terjangkau, dapat memilih Suzuki Burgman Street 125 EX.

Bagi konsumen yang menginginkan kemewahan dengan fitur yang beragam dan motor lebih bertenaga, Yamaha Lexi bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Semua kembali ke kebutuhan konsumen.