Suzuki Luncurkan Skutik Listrik Dahului Yamaha dan Honda
Suzuki e-Burgman. (Dok. Rushlane)

Bagikan:

JAKARTA - Motor skutik elektrik tengah naik daun dan cocok untuk digunakan kegiatan harian terutama wilayah perkotaan.

Honda dan Yamaha telah mengumumkan akan ada skutik listrik produksi mereka yang akan dirilis. Namun, Suzuki berhasil mendahului dua pesaing terberat sesama Jepang itu.

Dikutip dari Rushlane, Kamis, 30 Maret, Suzuki Motor Corporation telah mengumumkan meluncurkan skutik listrik teranyar, yakni Suzuki e-Burgman. Gambar pertama dan spesifikasi motor tersebut juga telah dirilis.

e-Burgman sedang memasuki tahap akhir masa percobaan di Tokyo, Jepang. Suzuki berkerja sama dengan Garchaco Co., ltd., sebuah perusahaan baterai bongkar pasang yang berbasis di Tokyo. Uji coba pada motor dilakukan selama tiga bulan mulai April hingga Juni 2023 yang melibatkan delapan unit e-Burgman.

Suzuki akan melibatkan staf serta pelanggan untuk berpartisipasi dalam uji coba demi mengumpulkan data yang diperlukan agar skutik tersebut cocok untuk kegiatan sehari-hari, serta untuk pengembangan e-Burgman.

Dengan memiliki diameter panjang 1.825 mm, lebar 765 mm, tinggi 1.140 mm, tinggi jok 780 mm, dan berat 147 kg, motor tersebut merupakan salah satu skutik bongsor yang dimiliki oleh Suzuki.

Suzuki e-Burgman memiliki spesifikasi yang ciamik, yakni memiliki AC Synchronous Electric Motor yang dibekali dengan baterai lithium-ion yang bisa dibongkar pasang. Tenaga yang dihasilkan dari komponen internal tersebut ialah 5,4 dk dan torsi 18 Nm.

Dengan mesinnya, e-Burgman mampu melaju hingga kecepatan maksimum 60 km/jam dan dapat menempuh jarak hingga 44 km dalam sekali pengisian daya baterai.