Kawasaki Merilis NInja ZX-10RR Edisi Balap, Tersedia hanya 10 Unit di Jerman
ZX-10RR WSBK Edition 2024. (Dok. Kawasaki Germany)

Bagikan:

JAKARTA - Kawasaki, produsen motor asal Jepang, baru-baru ini meluncurkan model berkinerja tinggi Ninja ZX-10RR edisi terbatas khusus untuk pasar Jerman. Motor yang diberi nama ZX-10RR WSBK Edition 2024 ini menawarkan lebih dari sekadar kinerja motor big bike biasa.

Kawasaki mengungkap motor edisi istimewa ini dikembangkan oleh tim WSBK Kawasaki Racing Team yang berbasis di Friedrichsdorf, Jerman dan memiliki performa berbeda dari versi standarnya.

Menurut laporan dari Rideapart, Senin, 28 Agustus, motor ini dibuat dengan inspirasi dari motor balap WSBK dan dilengkapi dengan sistem air intake tambahan yang terpasang pada airbox. Sistem ini dapat diaktifkan ketika pengendara ingin menggunakan Engine Control Unit (ECU).

Ketika sistem ini diaktifkan, servo akan mengangkat corong masuk saat mencapai RPM tertinggi, memungkinkan aliran udara yang lebih besar ke ruang pembakaran.

Pada kecepatan rendah hingga menengah, corong tetap berada di posisi rendah untuk menghasilkan campuran bahan bakar dan udara yang optimal untuk pembakaran terbaik pada semua rentang kecepatan mesin.

Tentu saja, karena motor ini dirancang secara khusus, tenaganya juga mengalami peningkatan. Ninja ZX-10RR WSBK Edition ini dilengkapi dengan mesin 998cc 4-silinder segaris yang telah ditingkatkan oleh Pankl Racing Systems, termasuk penggunaan piston ringan dan penghubung rod yang terbuat dari titanium.

4

Bagian dalam mesin juga diperkaya dengan pin piston berlapis seperti berlian (DLC), pegas katup ringan dan kuat, serta camshaft balap yang menjadi rahasia khusus untuk menciptakan motor edisi spesial ini.

Untuk mengoptimalkan kemampuan motor ini, Kawasaki juga mengurangi bobotnya dengan menghadirkan pelek satu set yang terbuat dari bahan forged Marchesini yang memiliki bobot yang sangat ringan.

4

Akibatnya, Ninja ZX-10RR WSBK Edition berhasil mengurangi beratnya, memungkinkan pengendara untuk mengoptimalkan kinerja motor ini seperti motor balap.

Kawasaki hanya menyediakan 10 unit di Jerman untuk Ninja ZX-10RR WSBK Edition. Setiap unit akan diberi nomor seri yang tertera di bagian tangki.

Ninja ZX-10RR WSBK Edition ditawarkan dengan harga 33.145 euro atau sekitar Rp548,5 juta di Jerman, termasuk tambahan pajak. Sebagai perbandingan, versi reguler Ninja ZX-10RR dihargai sekitar 29.995 euro atau sekitar Rp496,3 juta.

Selain itu, pembeli akan mendapatkan kotak khusus WSBK Edition yang berisi barang-barang seperti tanda tangan dari dua pengendara Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea dan Alex Lowes, serta balok kaca berisi sketsa sepeda motor yang diukir dengan teknologi laser, dan gantungan kunci. Stiker nomor balap dari Rea dan Lowes juga termasuk dalam pembelian, sehingga pengendara dapat memilih nomor mana yang ingin digunakan untuk menghiasi motor mereka.