Bagikan:

JAKARTA - Proton telah memperkenalkan kendaraan listrik (EV) pertamanya bernama eMas 7 yang mengambil basis dari Geely Galaxy E5. Kini, mobil tersebut diumumkan akan tampil di depan publik untuk pertama kalinya dalam parade ‘Hari Nasional’ atau saat hari kemerdekaan Malaysia pada 31 Agustus.

CEO Proton Li Chunrong, mengatakan bahwa hadirnya model ini di parade tersebut juga memberi kesempatan bagi publik untuk melihat SUV tersebut secara langsung meskipun belum diluncurkan secara resmi.

“Kami mengambil keputusan untuk menyertakan Proton eMas 7 dalam jajaran parade kami, meskipun belum diluncurkan, agar semua orang dapat melihat lebih dekat model EV pertama perusahaan tersebut,” kata Li Chunrong dikutip dari Paultan, Kamis, 29 Agustus.

5

Sebagai bagian dari perayaan, mobil yang masih berstatus sebagai prototipe ini akan menggunakan kamuflase khusus yang ditempel di keseluruhan bodi dihiasi dengan salam dalam beberapa bahasa di dunia, namun dengan warna Jalur Gemilang yaitu merah, biru, kuning, dan putih khas negeri jiran.

“Karena model ini bukanlah kendaraan produksi tahap akhir, maka kendaraan tersebut akan ditampilkan dengan menggunakan kamuflase, namun dalam semangat Hari Nasional, kami telah memilih warna yang mewakili bendera Malaysia,” tambah Li Chunrong.

3

Dibangun di atas platform Global Modular Architecture (GMA), eMas 7 telah dirancang dengan efisiensi hingga 90,04 persen dan baterai lithium-iron phosphate menggunakan sel baterai short blade Aegis. Mobil ini juga ditenagai chip 7 nm untuk mengoperasikan sistem infotainmen Flyme Auto.

Meskipun spesifikasi resminya belum diungkap, diperkirakan eMas 7 akan memiliki hal yang tidak berbeda jauh dengan Galaxy E5 di China.

Sebagai gambaran, Geely Galaxy E5 disenjatai dengan motor listrik tunggal 218 ps dan torsi 320 Nm yang mampu mengebut dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu 6,9 detik. Mobil ini menawarkan dua kapasitas baterai, yakni 49,52 kWh memiliki jangkauan 440 km dan 60,22 kWh yang diklaim mampu berjalan sejauh 530 km.

Menandai dimulainya kiprah elektrifikasi Proton secara global, eMas 7 dipastikan akan diperkenalkan secara resmi pada akhir tahun ini dan diharapkan spesifikasi lengkapnya juga diumumkan.