Bagikan:

JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan 40 unit Toyota bZ4X untuk mendukung mobilitas rangkaian VVIP yang akan mengikuti Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia (RI) di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Kontribusi yang dilakukan TAM ini merupakan pelaksanaan dari tiga program berkelanjutan, yaitu menghadirkan mobility solution tanpa polusi udara di IKN, mendukung Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia, dan menjalankan Toyota Environmental Challenge 2050.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, mengatakan TAM merasa terhormat karena telah dipercaya untuk menghadirkan 40 unit Toyota bZ4X, sebagai kendaraan rangkaian VVIP yang bebas emisi pada pelaksanaan Upacara penting ini.

"Partisipasi tersebut diharapkan dapat mendukung keinginan Pemerintah Indonesia untuk mewujudkan mobilitas yang bebas polusi udara, sekaligus mendorong transformasi yang berkelanjutan dalam penggunaan mobil listrik sebagai future mobility solution di Indonesia," katanya, dalam keterangan tertulis dikutip Sabtu, 17 Agustus.

Toyota bZ4X  mendukung mobilitas rangkaian VVIP HUT RI Ke-79 di IKN/FOTO: Toyota

Tak bisa dipungkiri Toyota memang selalu ambil bagian dalam beberapa perhelatan penting dengan menghadirkan mobil ramah lingkungan, seperti sebagai kendaraan resmi partisipan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali pada 15-16 November 2022.

Selain itu, model bZ4X digunakan pada Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN yang berlangsung dua kali. Seri 1 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 9–11 Mei 2023, dan Seri 2 di Jakarta pada 5–7 September 2023.

Kemudian, Battery EV ini juga mendukung mobilitas delegasi dari berbagai negara peserta KTT Archipelagic and Island States (AIS) Forum di Kawasan Nusa Dua Bali, 10-11 Oktober 2023.

Terakhir antara 18-20 Mei 2024, total 130 unit Toyota bZ4X digunakan oleh para menteri dan delegasi negara peserta World Water Forum (WWF) 2024 di Bali.

Balik ke acara di IKN, Toyota memastikan mobilitas Toyota bZ4X dapat berjalan mulus tanpa kendala ,dan menyiapkan tim teknisi bersertifikat Toyota global yang terlatih dalam perawatan Battery EV Toyota. Sementara itu, untuk kebutuhan pengisian ulang daya baterai sudah disediakan oleh PLN lewat fasilitas Ultra Fast Charger (UFC) 200 kW yang terbesar di beberapa titik di IKN.

"Pemilihan Toyota bZ4X juga merupakan bagian dari strategi dan refleksi pengalaman Toyota untuk menghadirkan pengalaman mobilitas tanpa polusi udara di IKN. Kami berharap, kedepannya akan lebih banyak lagi kolaborasi dengan Pemerintah Indonesia dalam membangun masa depan yang berkelanjutan," ucap Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy.