Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan otomotif dari Inggris Morris Garage (MG) resmi meluncurkan generasi terbaru HS dalam gelaran Goodwood Festival of Speed 2024. SUV tersebut memakai basis dari Roewe RX5 yang tersedia dalam varian ICE dan Plug-In Hybrid (PHEV).

Head of Product and Planning MG Motor UK David Allison, mengatakan bahwa model ini meningkatkan standar kepraktisan lebih baik dengan menyediakan berbagai pilihan berpenggerak.

“Mobil ini memiliki tampilan khas MG sehingga ini membedakan HS dengan SUV lain, serta pilihan mesin bensin dan PHEV yang canggih,” kata Allison dalam laman resmi merek, Jumat, 12 Juli.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, MG HS memiliki lebar 1.890 mm atau lebih lebar 14 mm, panjang 4.655 mm atau lebih panjang 45 mm, serta wheelbase 2.765 mm atau diperpanjang menjadi 45 mm. Profil barunya terlihat lebih ramping sehingga mengurangi 30 mm dari tingginya.

MG HS generasi kedua ini hadir dengan grill depan mencolok sekaligus melanjutkan bahasa desain dari pabrikan, seperti model MG3 terbaru. Kemudian, lampu depannya tampil lebih ramping dengan menghadirkan tema lebih canggih.

Bagian belakang memiliki desain selaras dengan depan. Lampu LED dihubungkan dengan motif sentral, lalu terdapat pola ‘X’ sehingga memperkenalkan ciri khas lampu yang dapat dikenali dalam malam hari.

7

Untuk interiornya, HS terbaru dilengkapi dengan dua layar High-Definition (HD) berukuran 12,3 inci dengan infotainmen menampilkan layanan navigasi langsung termasuk cuaca, pembaruan lalu lintas, Amazon Music, dan dapat terkoneksi ke Android Auto maupun Apple CarPlay.

Sementara itu, layar kedua memiliki ukuran sama dengan menghadirkan dua tema, light dan dark, serta tiga tampilan berbeda, yakni Map, Digital, dan ADAS. Masing-masing menawarkan tata letak uniknya sendiri, dengan fokus pada tampilan navigasi bergulir, ringkasan sederhana dari informasi berkendara paling penting saja, atau visualisasi real-time kendaraan dan sekitarnya, yang didukung oleh sistem bantuan pengemudi.

Secara keseluruhan, interiornya hadir dengan bahan berkualitas premium dengan setir kemudi palang tiga terbaru serta switchgear yang ditingkatkan serta pemindah gigi bergaya shuttle.

Kemudian, kapasitas bagasi juga ditingkatkan 44 liter menjadi 507 liter. Peningkatan opsi penyimpanan di dalam kabin memastikan tersedia banyak ruang untuk perlengkapan sehari-hari.

Semua varian menawarkan paket MG Pilot terdiri dari Active Emergency Braking with Pedestrian and Bicycle Detection, Lane Keep Assist with Lane Departure Warning System, Blind Spot Detection with Lane Change Assist, Driver Attention Alert, Forward Collision Warning, dan lainnya.

6

Untuk versi mesin bensin, MG HS terbaru dibekali dengan mesin 1,5 liter yang menghasilkan tenaga hingga 125 kW dan torsi 275 Nm. Dengan demikian, ini mampu berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 9,4 detik dengan transmisi enam percepatan manual sebagai standar dan tujuh percepatan DCT untuk opsional.

Meskipun demikian, varian PHEV menawarkan tenaga lebih besar dengan mesin bensin 1,5 liter 105 kW digabungkan dengan motor listrik berkekuatan 154 kW, sehingga menghasilkan daya gabungan 259 kW yang mampu berlari dari 0 ke 100 km/jam dalam 6,8 detik.

Usung sistem PHEV, MG HS terbaru juga dibekali baterai berkapasitas 24,7 kWh sehingga memiliki kemampuan melaju dengan tenaga listrik murni hingga 75 mil atau 120 km dalam sekali pengisian daya.

MG HS terbaru dibanderol mulai dari 24.995 poundsterling (Rp520 jutaan) untuk trim SE atau bensin murni dan Trophy PHEV senilai 33.995 poundsterling (Rp707,3 jutaan). Pengiriman pertama untuk varian bensin akan dilakukan pada akhir Juli, disusul tipe PHEV pada akhir September.