Bagikan:

JAKARTA - Tahun ini, seri model MX-5 atau populer disebut Miata akan memasuki umur ke-35 tahun. Untuk merayakan pencapaiannya, Mazda berencana untuk menghadirkan edisi spesial dari roadster ikonis ini.

MX-5 Miata Program Manager Shigeki Saito, mengatakan bahwa pihaknya akan menghadirkan model edisi khusus untuk tahun ini dan diproduksi dalam jangka waktu tertentu, namun dengan jumlah yang tidak akan dibatasi.

Melansir dari CarBuzz, Rabu, 3 Juli, dikabarkan model tersebut akan hadir dengan warna cat khusus. Penggemar dari model ini mengharapkan warna kuning atau hijau. Sementara itu, Saito juga mengisyaratkan bahwa edisi khusus nantinya akan hadir dengan tanda tangan dirinya dengan pena emas.

"Warna yang mengandung emas, dan oh, ini sebuah petunjuk," kata Saito.

Ini bukan pertama kalinya Mazda meluncurkan edisi khusus pada roadster tersebut. Sebelumnya pada HUT ke-30 Miata pada 2019, pabrikan dari Jepang ini menampilkan sejumlah sentuhan unik.

Beberapa sentuhan menarik di antaranya warna eksterior menawan disebut sebagai Racing Orange, pelek tempat Rays dengan lencana 30th Anniversary. Namun, perubahannya tidak hanya sampai disitu.

Mazda memberinya sistem pengereman Brembo pada bagian depan dan kaliper rem belakang dari Nissin yang dicat berwarna oranye. Selain itu, MX-5 edisi khusus tersebut memiliki peredam dari Bilstein serta diberi transmisi manual.

3
Miata edisi HUT ke-30

Untuk edisi HUT ke-30 lalu, pabrikan hanya menyediakan 3.000 unit secara global dengan 500 unit dialokasikan untuk pasar Amerika Serikat (AS). Namun karena permintaan melonjak, maka produksinya diperpanjang dan tambahan 143 model ke negara tersebut.

Diperkenalkan pertama kalinya pada 1989 lalu, Mazda MX-5 mendapat sambutan baik sebagai roadster berukuran kecil yang lincah. Generasi pertama dikenal dengan lampu depan berdesain pop-up bermesin 1,6 liter 4-silinder segaris berkekuatan 116 dk. Kemudian mesinnya ditingkatkan menjadi 1,8 liter pada 1993.

Kemudian, MX-5 Miata generasi kedua lahir dan berevolusi dengan tampilan lebih imut serta dihapusnya lampu pop-up di depan karena gagal melewati uji keselamatan pejalan kaki yang lebih ketat.

Generasi ketiga lahir pada tahun 2005 dengan mengadopsi bahasa desain dari konsep Mazda Ibuki dengan memperkenalkan Power Retractable Hard Top untuk pertama kalinya.

Kini, Mazda menjual generasi keempat yang diluncurkan pada 2015 dengan desain lebih dinamis. Pabrikan menghadirkan versi diperbarui pada tahun 2019 dengan visual lebih segar dan performa yang ditingkatkan hingga 181 dk.

Di Indonesia, Eurokars Motor Indonesia (EMI) menjual Mazda MX-5 RF dengan harga Rp935,5 juta On The Road DKI Jakarta dan ditawarkan dalam beberapa warna, terdiri dari Machine Grey Metallic dan Soul Red Crystal dengan menambah biaya Rp4 juta.

Namun bila pembeli tidak ingin menambah biaya, agen tunggal pemegang merek (ATPM) menyediakan warna Platinum Quartz Metallic, Deep Crystal Blue, Jet Black Mica, dan Snowflake White Pearl Mica.