Bagikan:

JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari Toyota. Pabrikan otomotif tersebut dikabarkan menghentikan produksi dan penjualan Vios varian 1,5 liter di pasar Filipina.

Menurut laporan Top Gear Philippines, Rabu, 3 Juni, sedan dengan versi tersebut kini sudah tidak terdaftar dalam laman resmi Toyota Motor Philippines. Kemungkinan pabrikan hanya akan menawarkan stok yang tersisa di dealer.

Di Filipina, sedan bertubuh kompak ini ditawarkan dalam beberapa varian dan yang dihilangkan ialah 1.5G dan 1.5 GR Sport. Dengan demikian, produsen otomotif itu hanya akan menawarkan tipe 1.3 XLE, 1.3 XE, dan 1.3 J memiliki mesin lebih kecil.

Dalam laman resmi tersebut, Toyota hanya menawarkan sejumlah varian ini dengan harga mulai dari 732.000 peso hingga 902.000 peso (Rp203,9 jutaan sampai Rp251,2 jutaan) dan ditawarkan dalam tipe transmisi manual (MT) dan CVT.

Mobil tersebut juga diproduksi secara lokal di negara dengan ibu kota Manila ini. Namun, belum ada konfirmasi dari pihak pabrikan apakah trim tertinggi akan digantikan dengan yang baru.

Toyota Vios generasi sekarang telah diperkenalkan sejak 2022 lalu di Thailand dengan nama Yaris Ativ terdiri dari empat varian, yaitu Sport, Smart, Premium, dan Premium Luxury. Tidak seperti tiga generasi sebelumnya yang menggunakan platform asli Toyota, generasi ini dikembangkan oleh Daihatsu dengan menggunakan platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Sementara itu, sedan generasi keempat ini diperkenalkan di pasar Indonesia pada Oktober 2022 lalu dengan menawarkan mesin 2NR-VE 1.500 cc yang juga digunakan pada MPV Avanza generasi ketiga.

Dengan demikian, mobil ini dapat memproduksi tenaga mencapai 78 kW pada 6.000 rpm dan torsi 138 Nm pada 4.200 rpm digabungkan dengan transmisi CVT dan penggerak roda depan (FWD).

Sama seperti sebelumnya, Toyota Vios saat ini memiliki tubuh lebih kompak dibandingkan dengan Corolla Altis dengan panjang 4.410 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.480 mm, dan wheelbase mencapai 2.620 mm.

Di Indonesia, model ini ditawarkan dalam dua varian seperti G dan G TSS dibanderol dengan harga mulai dari Rp369,9 juta hingga Rp383,1 juta On The Road DKI Jakarta.