Bagikan:

JAKARTA - Bangkitnya sejumlah nama model legendaris bukanlah sebuah hal baru dalam dunia otomotif, seperti Ford mengembalikan nama Puma dan Renault dengan hatchback 5.

Toyota sepertinya akan melakukan pendekatan ini dengan membangkitkan nama seperti Starlet, sebuah hatchback ikonik yang sempat menghiasi jalanan Indonesia pada era 1990an hingga awal 2000an.

Menurut laporan dari Best Car, Sabtu, 20 April, mengatakan bahwa Starlet terbaru akan diungkapkan pada tahun sekitar 2026 mendatang. Meskipun belum dipastikan, kemungkinan model ini akan dihadirkan dalam wujud Electric Vehicle (EV).

Toyota Starlet 1993
Toyota Starlet 1993

Namun dengan perkembangan saat ini, ada kemungkinan bahwa model ini akan dibekali teknologi hybrid terlebih dahulu sebelum merubahnya menjadi listrik murni. Terlebih lagi, Toyota belum memiliki platform EV untuk kendaraan subkompak.

Dengan demikian, kemungkinan model tersebut akan menggunakan platform TNGA-B yang dapat mengakomodasi sistem hybrid. Tetapi, berbagai opsi sedang dicari oleh Toyota dalam menghadirkan hatchback ikonis ini.

Toyota Starlet pernah dijual di Indonesia mulai dari tahun 1985 melalui generasi ketiga, P70. Sayangnya, penjualannya dihentikan pada 1998 lalu sebelum digantikan posisinya oleh Yaris pada 2006 lalu.

Toyota Starlet 1985
Toyota Starlet 1985

Meskipun demikian, nama dari “Starlet” tidak sepenuhnya hilang di industri otomotif global. Lencana ini masih menghiasi pasar Afrika Selatan dengan basis dari Suzuki Baleno yang dijual di India. Di negara dengan populasi penduduk terbanyak ini, Toyota memasarkannya dengan nama Glanza.