eVITA: Konsep Mobil Van Listrik Masa Depan yang Ramah Pengguna Kursi Roda
EVITA. (Dok. Callum)

Bagikan:

JAKARTA - Dunia otomotif sedang gencar beralih ke kendaraan listrik. Namun, benarkah semua orang bisa menikmati kemudahan ini? Motability Operations dan Callum Design yang berasal dari Inggris bersama-sama menunjukkan kepedulian mereka terhadap pengguna kursi roda dengan menghadirkan eVITA, sebuah konsep mobil listrik yang dirancang khusus untuk menunjang mobilitas mereka.

Meskipun eVITA belum ditujukan untuk produksi massal, kehadirannya menunjukkan arah bagi produsen mobil besar untuk menciptakan mobil listrik yang lebih inklusif dan ramah pengguna kursi roda.

4

CEO Motability Operations, Andrew Miller mengatakan bahwa kolaborasi antara produsen mobil, perancang, dan pemerintah adalah kunci untuk membuat transisi ke kendaraan listrik menjadi sukses bagi pengguna kursi roda. Ia berharap eVITA dapat menjadi contoh dan menginspirasi para pemangku kepentingan untuk bergerak maju ke arah yang lebih baik.

“Saat ini, kendaraan listrik tidak menawarkan fungsionalitas dan fleksibilitas yang dibutuhkan oleh penyandang disabilitas. eVITA dirancang dan dibuat untuk memastikan bahwa pengguna WAV dan penyandang disabilitas tidak dilupakan dalam transisi ke kendaraan listrik,” ujarnya, dilansir dari Carscoops, 20 Maret.

2

Desain, Baterai, dan Interior

eVITA memang dirancang untuk mengatasi beberapa masalah utama yang sering dihadapi pengguna kursi roda pada mobil listrik konversi. Biasanya, baterai yang diletakkan di lantai mobil membuat ruang kabin menjadi terbatas. eVITA memecahkan masalah ini dengan meletakkan ulang baterai di bawah kursi baris pertama, sehingga lantai mobil bisa rata dan pengguna kursi roda dapat bergerak bebas.

eVITA memiliki desain modern dengan kap mesin pendek, kaca yang luas, dan overhang yang minim. Pintu belakangnya terbagi dua dan dilengkapi dengan ramp dengan sudut rendah untuk memudahkan akses pengguna kursi roda. Terdapat juga empat pintu samping, dua pintu biasa dan dua pintu geser. Lampu LED khusus akan menyala di bawah mobil ketika parkir, menandakan area di mana ramp akan dikeluarkan.

1

Baterai berkapasitas 50 kWh menawarkan perkiraan jangkauan hingga 322 km. Pengisian daya dapat dilakukan melalui dua port pengisian, satu di belakang dan satu di depan mobil. Suspensi belakang yang sangat teredam memberikan kenyamanan berkendara yang baik dan handling yang stabil.

Sementara, interior eVITA juga dirancang dengan memperhatikan kenyamanan pengguna kursi roda. Pengguna memiliki akses ke layar infotainment, kontrol AC dan pemanas, serta "utility bar" yang dapat disesuaikan. Utility bar ini memiliki berbagai fungsi seperti port pengisian daya, gantungan baju/tas, cup holder, dan ruang penyimpanan. Kursi penumpang belakang dapat dilipat menjadi meja, lengkap dengan opsi pengisian daya tambahan.