Bagikan:

JAKARTA - Setelah beberapa kali tertangkap kamera berkamuflase sedang uji jalan, Citroen CX3 dipastikan tak lama lagi akan segera meluncur di pasar India. 

Hal tersebut dipastikan langsung oleh CEO dan MD Stellantis India Aditya Jairaj kepada Autocar India, dikutip 16 Maret. Ketika disinggung dengan kehadiran SUV Coupe yang berbasis dari C3 Aircross tersebut ia sedikit merinci. 

"Dalam beberapa minggu (peluncuran CX3)," katanya, mengartikan peluncuran CX3. 

Mobil tersebut akan hadir dengan tampilan baru dari sisi eksteriornya di mana hadir dengan garis atap yang mirip Coupe dan memiliki ground clearance tinggi, membuatnya terlihat kokoh. Bahkan perusahaan akan menyebutnya sebagai 'SUV-coupe' untuk memberikan posisi unik di segmennya.

Citroen C3X akan didasarkan pada platform C-Cubed atau CMP yang mendasari C3, eC3, dan C3 Aircross, serta juga akan berbagi beberapa komponen, powertrain hingga perlengkapan guna menjaga biaya tetap terkendali. 

Bahkan, dikabarkan mobil tersebut akan menawarkan banyak fitur menarik seperti kaca spion lipat elektrik, pengatur suhu otomatis, cruise control, pengisian daya nirkabel, lampu depan LED, tombol start, dan keyless entry dapat menjadi bagian dari paket sejak awal.

Bicara powertrain, sama seperti model C-Cubed lainnya dari Citroen, C3X mendatang akan ditenagai oleh mesin bensin turbo 1,2 liter berkekuatan 110 hp, yang dipadukan dengan transmisi manual atau otomatis. Dikabarkan juga akan ada versi serba listriknya enam bulan ke depan setelah peluncuran bermesin bensin. 

Citroen diperkirakan akan meluncurkan C3X sekitar Juni atau Juli 2024, diikuti dengan pengiriman beberapa bulan kemudian ke konsumen, dan versi listriknya diprediksi hadir pada bulan Januari atau Februari 2025.