Bagikan:

JAKARTA - Citroen menampilkan pembaruan pada model C4 hatchback dan C4 X berwujud fastback dalam pameran Paris Motor Show 2024. Keduanya disegarkan dari berbagai aspek, mulai dari tampilan luarnya hingga powertrain yang direvisi.

Citroen C4 merupakan model bergaya SUV yang mengadopsi desain menyerupai coupe yang lebih melandai. Sementara, C4 X memiliki gaya saloon namun dengan dimensi lebih besar seperti halnya SUV.

Melansir dari Autocar, Selasa, 15 Oktober, desain pada C4 mengacu pada “OLI Concept” yang dipamerkan pada tahun 2022 lalu sekaligus menjadi bahasa desain untuk model Citroen di masa depan.

Perbedaan C4 dan C4 X terbaru dengan model sebelumnya terletak pada lampu depan LED yang lebih ramping dan tajam, sehingga meninggalkan kesan futuristik namun tanpa mengesampingkan gaya perkotaan.

Bumper depan kini dilengkapi grill modern yang menjulang di atas dengan pelat selip yang terinspirasi dari SUV. Bagian depan terpahat dengan terstruktur sehingga meninggalkan karakter yang lebih ekspresif.

Di bagian samping, keduanya memiliki pelek 18 inci Amber terbaru dengan finishing berlian bi-material yang dipahat lebih presisi. Sehingga ini berperan dalam meningkatkan aerodinamika sekaligus meningkatkan estetika dari mobil tersebut.

8

Pelindung samping telah didesain ulang untuk memberikan tampilan yang lebih cair. Desainnya yang ramping membantu memanjangkan siluet mobil secara visual, sehingga memberikan tampilan yang lebih dinamis.

Berpindah ke interior, keduanya dilengkapi dengan instrument kluster 7 inci high-definition yang diposisikan di belakang setir kemudi. Ini ditemani dengan layar interface 10 inci touchscreen yang lebih modern.

Demi memudahkan pelanggan, C4 dan C4 X ditawarkan dengan teknologi ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI. Ini terintegrasi dengan sistem infotainmen berkat teknologi pengenalan suara SoundHound.

Keduanya kini dibekali dengan 20 fitur Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang canggih, termasuk Active Safety Brake, Collision Risk Alert, Highway Driver Assist, dan Adaptive Cruise Control with Stop & Go.

Baik C4 dan C4 X memiliki mesin 1,2 liter mild-hybrid terbaru yang digabungkan dengan sistem transmisi dual-clutch enam percepatan sehingga dapat memompa tenaga sebesar 134 dk. Sementara itu, mesin 1,2 liter bensin murni dengan transmisi delapan percepatan otomatis juga dihadirkan.

Versi listrik murni, yakni e-C4 dan e-C4 X terbaru ditawarkan dalam dua versi. Pertama, ialah dengan baterai 54 kWh yang memberikan daya jelajah 415 km (e-C4) dan 425 km (e-C4 X).

Versi kedua ialah dengan baterai yang lebih kecil, yakni berukuran 50 kWh. Ini sanggup memberikan daya jelajah 355 km untuk e-C4 dan 360 km untuk e-C4 X.

Diperkirakan model terbaru ini akan dikirimkan ke pelanggan di Eropa pada awal tahun depan dengan harga yang akan diumumkan mendekati peluncuran ke pelanggan.