Bagikan:

JAKARTA - Merek otomotif Inggris, Mini resmi memperkenalkan dua model EV berperforma tinggi John Cooper Works (JCW) terbaru, yakni JCW Electric dan JCW Aceman.

Kepala dari brand Mini, Stefan Richmann mengatakan hadirnya dua model EV ini menggabungkan unsur performa legendaris khas John Cooper Works dengan teknologi modern unik sehingga dapat menawarkan pengalaman berkendara berbeda.

“Dengan model MINI John Cooper Works serba listrik baru, kami membawa performa legendaris dan dinamika berkendara MINI ke era yang benar-benar baru,” kata Richmann dikutip dari laman BMW Group, Selasa, 15 Oktober.

Brand legendaris ini mempertahankan sejumlah elemen yang menjadi ciri khas dari JCW, seperti menampilkan bodykit lebih sporty pada bumper depan dan belakang, dihadirkan side skirt, sayap belakang, diffuser, dan badge John Cooper Works yang ikonis.

Demi mengoptimalkan sisi pengendaliannya, Mini menghadirkan pelek 18 inci untuk JCW Electric dan 19 inci untuk JCW Aceman yang dipadukan dengan ban bercengkeram tinggi.

6
Mini JCW Aceman

Sistem pengereman juga dioptimalkan dengan dihadirkannya rem yang lebih kuat dengan kaliper berwarna Chili Red. Kemudian, pengendaliannya juga ditingkatkan dengan pengaturan suspensi khusus JCW yang berfokus pada kesenangan berkendara khas go-kart.

Bagian dalam menampilkan sentuhan klasik khas JCW seperti terdapat pola hitam dan merah pada dasbor serta jok kulit sintetis di jok dengan sisipan kain rajutan. Namun, unsur futuristis juga ditampilkan pada kabin seperti atap panoramik yang menyala.

Berbicara performanya, keduanya dibekali dengan motor listrik yang memiliki tenaga mencapai 255 dk dan torsi 350 Nm yang disalurkan ke roda depan. Ini lebih besar 40 dk dan torsi 20 Nm dibandingkan varian SE.

Selain itu, Mini juga sediakan akses untuk tenaga tambahan sebesar 20 dk dengan menekan tombol boost di setir kemudi. Dengan demikian, ini dapat membuatnya mengebut dari 0 ke 100 km/jam dalam 5,9 detik untuk JCW Electric dan 6,4 detik untuk JCW Aceman. Keduanya memiliki kecepatan tertinggi yang dibatasi secara elektronik hingga 200 km/jam.

Pabrikan memberinya baterai 54,2 kWh yang sanggup memberikan jarak tempuh 371 km untuk JCW Electric dan 355 km untuk JCW Aceman.

Kedua model ini akan diproduksi di China, meskipun mulai 2026 akan mulai dirakit di Oxford, Inggris. Mini juga mengonfirmasi akan segera menghadirkan versi JCW untuk Cooper versi ICE pada musim gugur tahun ini.