Bagikan:

JAKARTA - Iconic SP merupakan salah satu mobil sport konsep yang dipamerkan oleh Mazda dalam gelaran Japan Mobility Show (JMS) 2023 Oktober lalu. Disebutkan saat itu akan mengawali langkah perusahaan menuju elektrifikasi.

Lima bulan berlalu, pabrikan memutuskan untuk membawanya ke kantor pusat mereka di Hiroshima agar setiap pengunjung dapat melihat secara langsung.

Dilansir dari Carscoops, Sabtu, 16 Maret, dalam unggahan resmi pabrikan dalam platform X terlihat mobil tersebut dipindahkan secara hati-hati dengan menurunkan konsep tersebut dari truk bak terbuka. Setelah sukses dipindahkan ke dalam gedung, Iconic SP kemudian dibersihkan dan dipajang.

5

Namun, pabrikan masih belum menentukan berapa lama mobil konsep tersebut dipajang di markas Mazda. Pengunjung diperbolehkan untuk mengambil gambar dan melihatnya secara dekat, namun tidak untuk dinaiki.

4

Pabrikan mengeklaim mobil ini dilengkapi dengan dua rotor unik yang menawarkan kemampuan yang unik. Output tinggi yang dihasilkan oleh sistem EV putar dua rotor, proporsi pusat gravitasi yang lebih rendah, dan distribusi bobot sekitar 50:50 menghasilkan performa berkendara yang sangat baik.

Sayang detail powertrain dari mobil ini masih belum diungkapkan. Namun, diperkirakan Mazda Iconic SP memiliki tenaga mencapai 365 dk serta memiliki fitur Vehicle-to-Load (V2L) yang membuat mobil tersebut berfungsi sebagai pusat daya listrik bagi perangkat elektronik lainnya saat terjadi pemadaman,

Selain menekan jumlah emisi, mobil tersebut memiliki komponen yang ramah lingkungan. Baterai diisi oleh sumber energi yang dapat didaur ulang dan mesin putar dua rotor, yang digunakan untuk pembangkit listrik, ditenagai oleh bahan bakar netral karbon.