Bagikan:

JAKARTA - KIA EV9 resmi meluncur untuk pasar Thailand, yang sebelumnya juga telah hadir di Singapura pada awal Januari 2024 dan untuk pasar Indonesia Agustus 2023 dalam pameran GIIAS.

Mengutip dari laman Paultan, Sabtu, 9 Maret, di Thailand Kia EV9 ditawarkan dalam dua varian yaitu Earth Long Range yang dijual seharga 3.499 juta baht atau kisaran Rp1,53 miliaran, dan varian GT-Line AWD dengan spesifikasi teratas seharga 3.899 juta baht Rp1,7 miliaran.

Kedua varian hadir dengan kapasitas enam kursi dan dilengkapi dengan baterai lithium-ion 99,8 kWh. Namun, keduanya berbeda dalam hal powertrain dimana untuk varian Earth Long Range dilengkapi penggerak roda belakang dengan motor listrik berkekuatan 203 PS dan torsi 350 Nm.

Sementara itu, GT-Line AWD hadir dengan tata letak motor ganda dimana masing-masing motor listrik menghasilkan tenaga 192 PS dan 350 Nm dengan total keseluruhan 384 PS dan 700 Nm. Lebih detailnya, untuk varian Earth Long Range dapat menempuh jarak hingga 680 km dan GT-Line AWD mampu menempuh jarak hingga 647 km berdasarkan perhitungan NEDC.

Soal pengisian daya, mobil listrik satu ini sudah mendukung tipe AC, jadi untuk mengisi daya 10-80 persen hanya memerlukan waktu 45 menit saja, menariknya juga sudah tersedia sistem vehicle-to-load (V2L) yang mampu menghasilkan output hingga 3,58 kW untuk memberi daya listrik untuk keperluan lain.

Bicara fitur keselamatan tak perlu diragukan lagi kedua varian sudah dilengkapi dengan sensor parkir, peringatan penumpang belakang, air bag dan masih banyak lagi.

Selain itu, terdapat juga Smart Cruise Control with Stop and Go, Blind Spot Collision Avoidance Assist, Blind-Spot View Monitor, Rear Cross Traffic Collision Avoidance, Lane Following Assist with Lane Keeping Assist, Forward Collision Avoidance Assist as well as Safe Exit Assist.

Kia EV9yang dijual di Thailand sepenuhnya diimpor (CBU) dari Korea Selatan dan dilengkapi dengan garansi kendaraan selama tujuh tahun, garansi baterai tegangan tinggi selama delapan tahun, perawatan gratis selama tujuh tahun, dan pengiriman GT-Line AWD akan dimulai pertama kali pada bulan April tahun ini, dan Earth Long Range akan menyusul pada bulan Juni.