Bagikan:

JAKARTA - Polestar, merek otomotif asal Swedia, secara resmi menjual model Polestar 4 yang tersedia di Eropa dan Australia. Mobil ini mengawali era terbaru dari SUV ramah lingkungan yang aerodinamis mengusung gaya coupe.

Thomas Ingenlath, selaku CEO Polestar, model ini merepresentasi kesuksesan pihaknya dalam menghadirkan mobil yang tidak hanya ramah lingkungan, melainkan menawarkan sensasi ruang kabin dan performa premium unik di dalamnya.

“Interpretasi inovatif Polestar 4 terhadap SUV coupe menawarkan ruang interior yang luar biasa dan penampilan yang memukau,” kata Ingenlath, dalam laman resmi merek, Jumat, 2 Februari.

Dibangun di atas platform Sustainable Experience Architecture (SEA) yang dikembangkan oleh perusahaan induk, Geely Holding, Polestar 4 memiliki ukuran dengan panjang 4.840 mm, lebar 2.139 mm, tinggi 1.534 mm, dan wheelbase 2.999 mm.

Mengusung bahasa desain yang sama seperti versi konsep Polestar Precept, mobil ini memiliki pemisahan lampu depan bilah ganda yang merupakan ciri khas dari merek, dilengkapi dengan emblem dengan pencahayaan yang presisi.

Efisiensi aerodinamis ditingkatkan dengan hidung rendah, gagang pintu yang dapat ditarik, kaca rata dengan jendela tanpa bingkai, bilah aero belakang, dan optimalisasi aliran udara di sekitar bilah lampu belakang.

Sementara itu, bagian kabin mengambil tema ‘soft tech’ yang terinspirasi dari industri fashion dan olahraga. Interior dilengkapi oleh layar lanskap 15,4 inci yang dibekali sistem pengoperasian Android Automotive OS dengan performa chip Snapdragon Cockpit Platform.

Demi memanjakan penggunanya, merek yang berbasis di Gothenburg, Swedia ini juga menghadirkan teknologi Google built-in, termasuk Google Assistant, Google Maps, dan Google Play, yang menawarkan kecanggihan kelas atas.

Disediakan juga sistem audio premium dari Harman Kardon dengan 12-speaker serta 1.400 Watt amplifier. Sebagai opsional, dua speaker tambahan terletak di sandaran kepala pada setiap kursi depan Nappa dengan konektivitas tambahan Apple CarPlay.

Mobil ini juga dibekali dengan SuperVision Advanced Driver Assistance System dari Mobileye, yang terdiri beberapa fitur sensor pembantu para pengemudi. Tujuh airbag juga tersedia dalam kendaraan ini sebagai standar.

Berbicara soal performa, Polestar 4 tersedia dalam varian motor listrik tunggal maupun ganda. Untuk versi Long Range motor listrik tunggal, SUV tersebut memiliki tenaga hingga 272 dk dan torsi 343 Nm dengan jarak tempuh mencapai 610 km dari baterai 100 kWh.

Sementara itu, versi motor listrik ganda mampu mengeluarkan daya hingga 544 dk dan torsi 686 Nm dengan jarak tempuh 580 km dari kapasitas baterai yang sama.

Mobil ini akan dikirimkan ke pelanggan pada pertengahan 2024 ke wilayah Eropa dan tersedia dijual secara online dimulai dengan harga 63.200 euro hingga 71.200 euro atau setara dengan Rp1 miliaran sampai Rp1,2 miliaran.