Bagikan:

JAKARTA - Tahun 2023 akan berakhir dalam hitungan hari, namun beberapa pabrikan otomotif sedang mempersiapkan untuk menghadirkan sejumlah model untuk 2024 mendatang. Porsche merupakan salah satu pabrikan yang berada di posisi ini.

Pabrikan asal Jerman ini bersiap untuk menambah portofolionya dengan menghadirkan beberapa model terbaru untuk pasar India untuk tahun depan.

Menurut laporan Autocar India, Rabu, 27 Desember, Porsche Macan EV merupakan salah satu model yang saat ini sedang dipersiapkan untuk bersaing di industri kendaraan ramah lingkungan tahun depan. Mobil ini disebut akan debut di India setelah peluncuran globalnya.

Mobil berbentuk SUV tersebut diperkirakan akan mendapatkan baterai 100 kWh dengan motor listrik ganda yang menghasilkan tenaga 612 dk dan torsi 1.000 Nm. Dengan demikian, Macan EV diharapkan akan bersaing dengan Jaguar I-Pace atau Mercedes-Benz EQC.

Kemudian, Panamera GTS terbaru juga akan tiba di pasar India dan diperkirakan akan mengusung mesin V8 4,0 liter twin-turbo yang mengesankan. Mobil ini akan mendapat pembaruan aero dan interior dan akan dipatok seharga 20 juta rupee atau setara Rp3,7 miliaran.

Model Cayenne dan Cayenne Coupe terbaru juga akan tiba di negara tersebut dengan varian GTS yang mementingkan sisi performa. Diharapkan bahwa mobil ini akan mengusung mesin V8 4,0 liter twin-turbo yang menghasilkan daya hingga 500 dk.

Sementara, Porsche Taycan terbaru diperkirakan akan mengaspal di India dengan tampilan lebih sporty serta akan menyediakan opsi baterai 79,2 kWh, 83,7 kWh, dan 93,4 kWh. Diharapkan model tersebut mendapatkan peningkatan baik dari segi output tenaga atau jangkauan.

Yang terakhir merupakan model yang ditunggu-tunggu oleh pecinta otomotif, yakni Porsche 911 facelift. Model tersebut akan mendapat ubahan gaya berupa bumper yang disegarkan dengan intake yang lebih besar.

Diperkirakan 911 tersebut akan mendapatkan opsi powertrain hybrid yang akan bersanding dengan pilihan mesin pembakaran murni (ICE). Sayangnya, perusahaan belum menjelaskan tanggal peluncuran dari model ini.