Porsche Rilis Cayenne Turbo E-Hybrid, Cayenne Terkuat Sepanjang Masa
Cayenne Turbo E-Hybrid dan Cayenne Turbo E-Hybrid Coupé dengan paket GT. (Dok. Porsche AG)

Bagikan:

JAKARTA - Porsche kembali membuat gebrakan dengan memperkenalkan model terkuat dalam lini Cayenne yakni Cayenne Turbo E-Hybrid.

Setelah sukses meluncurkan Cayenne terbaru pada awal tahun 2023, hari ini, 29 Agustus, Porsche memperkenalkan Cayenne Turbo E-Hybrid 2024.

Seperti sebelumnya, Cayenne terbaru ini adalah plug-in hybrid namun Porsche telah meningkatkan teknologinya, jangkauan motor listrik, dan performa.

Diketahui model sebelumnya, Turbo S E-Hybrid memiliki tenaga 670 dk dan torsi 898 Nm namun Turbo E-Hybrid terbaru ini memiliki motor listrik dengan tenaga 130 kW (176 dk) melengkapi mesin V8 4.0 liter twin-turbo yang menghasilkan tenaga 441 kW (599 dk). Bersama-sama, gabungan keduanya menghasilkan tenaga sebesar 544 kW (739dk) dan torsi maksimum 950 Nm.

4
Cayenne Turbo E-Hybrid.

Dalam ruang media perusahaan, 29 Agustus, Porsche mengklaim versi terbaru ini mampu berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 3,7 detik dengan kecepatan tertinggi 295 km/jam. Sementara, Cayenne Turbo E-Hybrid Coupe dengan Paket GT mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam 3,6 detik dan mencapai kecepatan tertinggi 305 km/jam.

4
Cayenne Turbo E-Hybrid Coupe dengan paket GT

Bobot Cayenne bertambah karena baterai yang lebih besar, dengan kapasitas 25,9 kWh (dibandingkan dengan 14,1 kWh pada model sebelumnya). Model sebelumnya dapat menempuh hingga 17 km dengan sekali pengisian namun yang terbaru ini memiliki jangkauan listrik lebih jauh hingga 82 km. Dan meski kapasitas baterai meningkat, pengisi daya internal 11 kW yang baru mempersingkat waktu pengisian daya menjadi kurang dari dua setengah jam.

Dari segi tampilan luar dan interior telah diperbarui termasuk fasia depannya yang unik, yang dilengkapi saluran masuk udara lebih besar. Porsche mengecat lengkungan roda dan fasia belakang bawah dengan warna bodi. Kaliper rem merah dan dua outlet knalpot ganda berlapis aluminium melengkapi peningkatan visual E-Hybrid. Dan juga memiliki lampu depan baru LED HD-Matrix Design.

Untuk paket GT lebih menonjol dengan bagian depan khusus dengan aksen hitam, ekstensi lengkungan roda hitam, pelat samping karbon di spoiler atap, pipa knalpot titanium Turbo GT yang diposisikan di tengah, dan diffuser belakang karbon. Atapnya juga terbuat dari serat karbon ringan. 

Interior Cayenne sebagian besar tetap sama, dengan lebih banyak aksen aluminium dan bagian atap kabin yang terbuat dari Race-Tex, versi Porsche dari Alcantara.

4

Porsche Cayenne Turbo E-Hybrid 2024 ditawarkan dengan harga mulai dari 176.324 euro atau Rp2,91 miliar di Jerman, termasuk PPN dan versi Coupe dibanderol mulai dari 179.775 euro atau Rp2,97 miliar. Sementara, untuk Cayenne Turbo E-Hybrid dengan paket GT ditawarkan mulai 208.454 euro atau Rp3,4 miliar.