Bagikan:

JAKARTA - Toyota kembali memasuki segmen kendaraan niaga dengan menghadirkan Rangga Concept atau IMV 0 untuk beberapa pasar. Mobil ini mulai menyapa pasar Asia Tenggara dengan Thailand menjadi negara pertama yang menjual pikap ini dengan nama ‘Hilux Champ’.

Didasari oleh platform Innovative International Multi-purpose Vehicle (IMV), mobil ini diperuntukkan kepada pelanggan yang membutuhkan kendaraan niaga, sehingga memudahkan konsumen menjalankan usaha.

Sebelumnya, pikap ini telah melantai di berbagai ajang otomotif bertaraf internasional, dari Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 hingga Japan Mobility Show 2023. Mobil ini dinilai juga cocok dengan kebutuhan masyarakat tanah air. Namun, kapan mobil ini akan diluncurkan?

Anton Jimmi Suwandi, sebagai Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), mengatakan versi produksi dari Rangga Concept akan mengaspal di Indonesia pada tahun depan, meskipun detail lebih lanjut belum diungkapkan.

“Tahun depan ya. Detail informasinya akan diungkap karena masih dalam persiapan,” kata Anton, ketika dihubungi VOI, Senin, 4 Desember.

Sebagai gambaran mengenai spesifikasi, pabrikan asal Jepang tersebut menawarkan beberapa versi untuk pasar Thailand dengan wheelbase pendek dan panjang dengan menawarkan tiga tipe mesin, yakni bensin 2,0 liter dan 2,7 liter, serta diesel berkapasitas 2,4 liter. Pabrikan juga menyediakan tipe tanpa perlengkapan dengan dek datar.

Pilihan mesin tersebut nantinya akan bekerja sama dengan sistem penggerak dua roda (2WD) serta pilihan transmisi lima percepatan manual dan enam percepatan otomatis.

Di Negeri Gajah Putih, Toyota Hilux Champ ditawarkan dengan harga yang terjangkau mulai dari 459.000 baht hingga 577.000 baht atau setara Rp202,6 jutaan sampai Rp254,8 jutaan.

Toyota memiliki kisah positif di industri komersial dengan Kijang pikap generasi pertama pada tahun 1977. Toyota Kijang menorehkan sejarah karena mampu mendorong perkembangan industri otomotif di Indonesia dan berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional.