Karya Seni Unik di Atas Roda Ini akan Dilelang di Abu Dhabi
Italdesign Aztec. (Dok. Bonhams)

Bagikan:

JAKARTA - Pada ajang pelelangan "On the Grid" Bonhams di Abu Dhabi pada akhir pekan ini, sebuah mobil karya seni langka akan menjadi pusat perhatian.

Adalah Italdesign Aztec yang akan dilelang, sebuah mobil sport terbuka dengan desain radikal bahkan mendahului masanya diungkap pertama kali pada Turin Motor Show tahun 1988. Hanya ada 20 unit yang dibuat saat itu, dan salah satunya akan menjadi milik pemilik baru setelah melewati proses lelang.

7

Dilansir dari Carbuzz, 20 November, Aztec dirancang oleh maestro desain Giorgietto Giugiaro. Mobil ini diciptakan sebagai salah satu dari tiga mobil pamer untuk merayakan ulang tahun ke-20 Italdesign. Nah, jika dilihat dari desain mobil ini seperti berasal dari planet lain.

9

Aztec meningkatkan setiap detail desain otomotif pada masanya, seperti lampu depan pop up, bentuk baji, roda belakang yang tertutup, dan pintu yang tidak lazim. Tidak hanya itu, Aztec juga dilengkapi dengan sayap belakang dari serat karbon, kanopi ganda dari kaca, dan roda modular Canonica sesuai dengan era pembuatannya.

"Ketika prototipe Aztec dipamerkan di Turin Motor Show pada tahun 1988, saya kesulitan membayangkan bahwa itu akan menjadi mobil sungguhan. Oleh karena itu, sangat memuaskan bahwa Aztec sekarang benar-benar layak jalan dan bukan hanya latihan desain statis," kata Giugiaro.

7

Aztec yang akan dilelang ini dilapisi dengan cat perak bergaya era antariksa, yang kontras dengan kabin merah mencolok. Berbicara tentang kabin, pintu Aztec dapat dibuka secara konvensional, namun untuk masuk, harus mengangkat bagian tertentu dari kokpit ke atas. Kabin ini terbagi menjadi dua bagian simetris, dengan sisi penumpang dilengkapi dengan setir berbentuk aneh yang berfungsi sebagai konsol kontrol bukan untuk kemudi. Penumpang di kedua sisi dapat berkomunikasi melalui interkom.

Lalu, akses ke panel kontrol di kedua sisi perlu memasukkan kode-kode tertentu yang berisi informasi tentang tingkat minyak mesin, pendingin, cairan rem, dan pengukur suhu yang dapat dilepas.

Menariknya, mobil ini baru digunakan sejauh 7700 km lalu ada tanda tangan Giorgetto Giugiaro di sisi kanan. Selain sedikit cacat pada kaca, klaim penjual menyatakan bahwa mobil pamer ini selalu dirawat dengan baik.

Aztec bukan hanya sekadar mobil konsep atau pameran, tapi legal untuk dikendarai di jalan raya, diolah oleh tuner Audi Motoren-Technik-Mayer (MTM), dan salah satu dari sedikit kendaraan produksi homologasi yang dibuat oleh industrialis Jepang, Mario Myakawa, setelah membeli hak cipta atas mobil tersebut.

Italdesign Aztec ditenagai oleh mesin turbo lima silinder, 20 katup, merupakan moyang dari mesin Audi A5 Coupe dan Audi Quattro, yang mampu menghasilkan tenaga hingga 250 dk. Untuk transmisi manual diambil dari mobil legendaris lainnya, Lancia Delta Integrale. Mobil ini memiliki bodi dari aluminium, serat karbon, dan Kevlar di atas rangka kerangka baja.

Bonhams memperkirakan bahwa Aztec akan terjual sekitar 220.000 dolar AS atau sekitar Rp3,39 miliar saat pelelangan pada 25 November 2023.