JAKARTA - Kendaraan ramah lingkungan semakin diminati oleh masyarakat luas, terbukti dari catatan penjualan Suzuki bulan September 2023, di mana untuk kategori mobil penumpang 42 persen diantaranya merupakan varian hybrid.
Pencapaian positif ini menjadi bukti nyata dari tingginya kesadaran masyarakat yang mulai beralih menggunakan kendaraan yang mampu berkontribusi positif pada lingkungan sekitar, serta bertambahnya kepercayaan masyarakat terhadap teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).
Asst to Dept Head of 4W Sales PT SIS, Randy R Murdoko mengungkapkan, masyarakat saat ini sudah mulai memilih kendaraan hybrid yang dianggap punya banyak keuntungan dan dapat diandalkan dalam penggunaan sehari-hari.
“Efisiensi konsumsi bahan bakar menjadi salah satu pertimbangan konsumen sebelum membeli mobil. Banyak juga masyarakat yang tertarik karena teknologinya," katanya dalam keterangan resmi yang diterima VOI, Minggu, 15 Oktober.
Lebih lanjut ia sangat yakin bahwa penjualan kendaraan hybrid akan terus meningkat, sejalan dengan keyakinan konsumen akan ketahanan mesin, baterai, dan kualitas produk secara menyeluruh.
Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO) mencatat bahwa kategori mobil penumpang Suzuki menyumbang 50% dari total penjualan ritel di bulan September 2023. Saat ini, Suzuki memiliki 8 model kendaraan di segmen mobil penumpang dan 3 diantaranya memiliki pilihan varian hybrid.
Jika dibedah lebih lanjut per varian, masing-masing dari 3 model kendaraan Suzuki tersebut juga didominasi oleh varian hybrid-nya. Dari total penjualan All New Ertiga secara keseluruhan, All New Ertiga varian hybrid mampu berkontribusi sebesar 59 persen, New XL7 Hybrid sebesar 61 persen dari penjualan New XL7, dan Grand Vitara yang seluruhnya sudah bertipe hybrid.
Capaian penjualan menarik ditorehkan oleh Grand Vitara setelah SUV ini unjuk kebolehan dengan peningkatan penjualan sebesar 15 persen jika dibandingkan dengan Agustus 2023.
Nama Grand Vitara yang telah lama dikenal dalam sejarah SUV Suzuki ini kini telah menggunakan teknologi SHVS serta tampil dengan desain baru pada bagian eksterior dan interiornya yang menambah kesan sporty-modern.
Sementara itu, mobil komersial Suzuki yaitu New Carry juga turut menyumbang penjualan positif sebesar 50 persen. New Carry berhasil memikat banyak pelaku wirausaha untuk menggunakan mobil ini dalam mendukung kegiatan usahanya.
Menelik porsi penjualan kendaraan hybrid Suzuki, antara yang diproduksi di dalam negeri maupun impor, 87 persen di antaranya merupakan hasil rakitan lokal yang dikerjakan di Pabrik Suzuki Cikarang, Jawa Barat.
BACA JUGA:
Tingginya porsi dan kontribusi tersebut turut menjadi optimisme tersendiri bagi Suzuki karena mobil hybrid Suzuki buatan Indonesia semakin dapat diterima dan dipercaya oleh masyarakat, sekaligus menumbuhkan industri otomotif Indonesia secara lebih baik.
“Penjualan kendaraan hybrid Suzuki yang meningkat mendorong kami untuk terus berusaha menghasilkan produk tangguh dan modern, dengan harga dan pelayanan terbaik guna menghadirkan kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan konsumen," tutupnya.