Bagikan:

JAKARTA - Tahun ini, SUV berteknologi hybrid ramai meluncur di Indonesia. Kombinasi mesin bensin dan tenaga listrik menjadikan mobil jenis ini memiliki efisiensi bahan bakar yang berbeda dari kendaraan lain termasuk kelebihannya yang ramah lingkungan.

SUV CX-60 misalnya yang debut di Indonesia pada bulan Juli lalu, diperkenalkan sebagai mobil hybrid pertama oleh Mazda. Mobil ini juga menandai langkah pertama Mazda dalam menjelajahi segmen mobil premium di pasar Indonesia. Namun, persaingan di segmen ini bukanlah perkara mudah, dengan salah satu pesaing kuatnya adalah Lexus NX 350h Luxury, yang telah diperkenalkan pada tahun 2022 lalu. Mobil lima penumpang ini hadir dengan sejumlah teknologi canggih, termasuk sistem hybrid yang sudah terbukti dari Toyota.

Bagaimana perbandingan dan persaingan segmen SUV hybrid premium ini di Indonesia.? Berikut adalah ulasannya berdasarkan penelusuran VOI, Senin, 2 Oktober.

Dimensi

Dalam hal ukuran, Mazda CX-60 memiliki keunggulan dengan ruang yang lebih luas dan tawaran kemewahan yang berbeda. SUV ini memiliki dimensi panjang 4.740 mm, lebar 2.134 mm, tinggi 1.680 mm, dan wheelbase 2.870 mm.

Di sisi lain, Lexus NX 350h Luxury memiliki dimensi yang sedikit lebih kecil, dengan panjang 4.660 mm, lebar 1.865 mm, tinggi 1.670 mm, dan wheelbase 2.690 mm.

Fitur Keselamatan

Dalam hal penyediaan keamanan bagi pengguna, Mazda CX-60 memiliki keunggulan dengan fitur airbag di beberapa sisi. Fitur lain yang disertakan mencakup ABS, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Sensor Parkir, Rearview Camera, dan Vehicle Stability Control. Semua ini ditambah dengan Hill Launch Assist, Dynamic Stability Control, dan Traction Control System.

Meskipun tidak sebanyak pada pesaingnya, NX 350h memiliki 10 airbag, yang merupakan jumlah tertinggi dibandingkan dengan kompetitornya. Selain itu, Lexus juga membekali SUV ini dengan fitur seperti ABS, Brake Assist, Electronic Brake Distribution, Sensor Parkir, Rearview Camera, dan Vehicle Stability Control.

4
Lexus NX 350h Luxury.(Dok. Lexus)

Performa Mesin

Ketika beberapa pesaing memilih untuk mengecilkan kapasitas mesin, Mazda justru meningkatkan dimensi mesin dengan performa yang mengesankan. Ditenagai oleh mesin 3,3 liter 6-silinder e-Skyactiv-G turbocharged yang dipadukan dengan sistem mild-hybrid 48V, CX-60 mampu menghasilkan tenaga hingga 280 dk dan torsi 450 Nm berkat transmisi otomatis delapan percepatan.

Di sisi lain, Lexus NX 350h Luxury memiliki mesin yang lebih kecil, yaitu 2,5 liter 4-silinder dengan baterai berkapasitas 259V. SUV ini menghasilkan tenaga hingga 240 dk dan torsi puncak 270 Nm berkat sistem transmisi Hybrid Transaxle CVT otomatis.

Harga

Dalam hal harga, keduanya memiliki kisaran harga yang kompetitif. Mazda menjual CX-60 dengan harga sekitar Rp1,18 miliar OTR Jakarta untuk varian Kuro Edition maupun Elite Edition.

Sementara itu, Lexus NX350h Luxury memiliki harga yang lebih tinggi, mencapai sekitar Rp1,4 miliar.

Kesimpulan

Kedua mobil ini bersaing di kelas SUV premium dan memiliki kelebihan masing-masing. Mazda CX-60 unggul dalam hal ruang dan beragam fitur keselamatan, sementara Lexus NX 350h Luxury memiliki keunggulan dalam teknologi hybrid yang terbukti hemat bahan bakar dari Toyota. Pilihan antara keduanya tergantung pada preferensi dan kebutuhan pribadi konsumen.