Lamborghini Masih Bingung Menentukan Suara dari Mobil Listriknya
Mobil konsep Lamborghini Lanzador. (Dok. Lamborghini)

Bagikan:

JAKARTA - Lamborghini, produsen mobil mewah asal Italia yang terkenal dengan kendaraan bertenaga beringas, kini berada di tengah tantangan besar. Lamborghini merencanakan untuk meluncurkan mobil listrik pada tahun 2028 dengan model konsep yang diberi nama Lamborghini Lanzador. Namun, satu pertanyaan besar yang masih belum terjawab adalah bagaimana suara mobil listrik Lamborghini ini akan terdengar.

Pada saat debutnya di Monterey Car Week, Lamborghini Lanzador Concept 2028 menarik perhatian banyak orang.

3

“Mempersembahkan mobil konsep Lamborghini Lanzador yang sepenuhnya listrik selama Monterey Car Week merupakan tonggak penting dalam sejarah perusahaan kami dan membentuk jalan kami menuju dekarbonisasi dan elektrifikasi”, kata Stephan Winkelmann, Ketua dan CEO Automobili Lamborghini, dalam ruang media perusahaan, 21 Agustus.

Namun diketahui, salah satu hal yang menjadi ciri khas Lamborghini adalah suara mesinnya yang menggelegar dan menggugah adrenalin. Namun, dengan beralih ke teknologi listrik, menciptakan suara yang setara dengan mesin berbahan bakar menjadi tantangan besar.

"Sejujurnya, ini adalah sebuah tantangan. Lamborghini saat ini sedang mempelajari berbagai cara untuk menciptakan suara yang sesuai dengan mobil listrik, ungkap Rouven Mohr Chief Technical Officer Lamborghini kepada Carbuzz, 23 Agustus.

Mohr menjelaskan lebih lanjut, mereka telah memperhatikan dengan cermat bagaimana menciptakan suara untuk motor listriknya.

"Apa yang tidak kami inginkan adalah menciptakan sesuatu yang palsu, meniru suara mesin pembakaran. Ini bukan arah yang kami tempuh. Suara akhir ini masih dalam tahap pengembangan," tegasnya.

Mohr juga mengungkapkan bahwa Lamborghini masih memiliki waktu untuk mengatasi tantangan ini. Mereka tengah bekerja sama dengan para ahli dan melakukan uji klinis dengan konsumen untuk memahami bagaimana suara tersebut cocok dengan mobil listrik yang dikembangkan.

Lamborghini Lanzador akan mulai diproduksi pada tahun 2028, dan satu pertanyaan lain yang muncul adalah apakah Lamborghini akan tetap mempertahankan desain dua pintu yang diperlihatkan oleh konsepnya.

"Saat ini kami sangat yakin dengan konsep dua pintu. Sementara model Urus akan tetap ada di masa depan. Jika Anda membutuhkan lebih banyak pintu, Anda harus membeli keduanya," pungkasnya.