Bagikan:

JAKARTA - Miura merupakan salah satu model yang menandakan kiprah Lamborghini dalam kelas supercar. Mobil ini dikenang karena memiliki desain yang eksotis serta suara mesin V12 yang khas.

Memiliki sejarah yang gemilang, tapi banyak penggemar supercar belum mengetahui asal muasal model tersebut. Nah, satu unit Miura jadul ini tertangkap kamera lagi dan diyakini sebagai prototipe Miura sebelum namanya menjadi tenar.

Dikutip dari Top Gear, Senin, 26 Agustus, mobil ini diberi nama sasis ‘0502’ yang digunakan oleh pabrikan dalam acara Geneva Motor Show dan Monaco Grand Prix pada tahun 1966.

4

Tampilannya selaras dengan Miura yang dikenal saat ini, namun dengan hiasan pola berbentuk eyeliner yang menghiasi lampu depan bulat yang khas. Hal menarik lainnya, diketahui supercar tersebut tidak memakai lencana ‘Raging Bulls’ selama tahap pengujian.

Selain itu, mobil ini terlihat memiliki warna cat yang terlihat mengelupas dan tampak telah memudar. Meskipun demikian, kendaraan prototipe ini telah menghasilkan sejarah yang luar biasa bagi Lamborghini.

Berbekal mesin 3,9 liter L406 V12 ditemani transmisi lima percepatan manual, Lamborghini Miura mampu menghasilkan tenaga maksimal 345 dk pada seri P400, 365 dk pada model P400S, dan 380 dk pada P400SV atau seri terakhir dari supercar eksotis ini.

Dengan mesin tersebut, Miura dapat mengebut dari 0 ke 97 km/jam kurang dari 7 detik dengan menghasilkan kecepatan tertinggi hingga 276 km/jam atau salah satu yang tercepat pada masanya.

Selama menunjukkan eksistensinya, mobil tersebut telah dirakit sebanyak 763 unit dari tahun 1966 hingga 1973. Model tersebut dihentikan produksinya dan kemudian warisannya diteruskan oleh model ikonik lainnya, Countach pada tahun 1974.

Miura juga menjadi inspirasi dari beberapa model berikutnya Lamborghini seperti Diablo, Murcielago, Aventador, serta yang terbaru Revuelto. Semuanya masih mempertahankan warisan model tersebut dengan dibekali mesin V12 yang gahar.