VinFast VF9, Mobil EV Asal Vietnam yang akan Menyapa Pasar AS
VinFast VF9. (Dok. VinFast Auto)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen otomotif asal Vietnam, VinFast, baru-baru ini memperkenalkan VF9, SUV tiga baris bertenaga listrik andalan yang akan melenggang di pasar Amerika Serikat (AS).

Meskipun baru memasuki panggung global, produk-produk yang tawarkan VinFast memiliki daya tarik yang patut diacungi jempol. VF9 hadir dalam beberapa varian, masing-masing memiliki keunggulannya sendiri dalam hal jarak tempuh, yakni varian Eco dengan jarak tempuh 482 km dan varian Plus dengan jarak tempuh 468 km.

Le Thi Thu Thuy, CEO Global VinFast, menyatakan bahwa kedatangan VF9 adalah bukti nyata komitmen perusahaan untuk memproduksi beragam model dan memberikan layanan yang lebih baik di panggung global.

"VinFast berharap dapat mengekspor model ini ke pasar Amerika Utara tahun ini, bersama dengan model VF8," kata Le Thi Thu Thuy, seperti dilaporkan InsideEVs, Senin, 21 Agustus.

Seperti pesaing-pesaingnya, VinFast VF9 dilengkapi dengan beragam fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS), termasuk Highway Assist Level 2, Blind Spot Detection, Smart Parking Assist, dan Smart Summon Mode.

Kedua varian VF9 didukung oleh motor listrik ganda yang mampu menghasilkan tenaga hingga 402 dk dan torsi 619 Nm. Dengan demikian, SUV ini mampu berakselerasi dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 6,5 detik.

VinFast VF9 juga dibekali baterai berkapasitas 123 kWh yang dapat mengisi daya dari 10 hingga 70 persen hanya dalam waktu 35 menit menggunakan charger cepat DC.

Berada di kelas di atas VF8, VinFast VF9 sudah tersedia di pasar Vietnam dan pengiriman unit baru telah dimulai. VinFast akan memasuki pasar Amerika Utara dengan mulai mengirimkan VF9 pada kuartal akhir tahun ini.

Berkaitan dengan harga, SUV ini akan bersaing dengan Kia EV9 dan dijual dengan harga sekitar 83.000 dolar AS (setara Rp1,2 miliar) untuk varian Eco, serta sekitar 90.000 dolar AS (sekitar Rp1,3 miliar) untuk varian Plus.