Bagikan:

JAKARTA - Setelah penantian yang cukup lama, Acura secara resmi memperkenalkan mobil listrik pertamanya, ZDX, pada pergelaran Monterey Car Week di AS baru-baru ini.

Seperti yang telah dikabarkan sebelumnya, mobil listrik Acura ZDX 2024 mengusung desain eksterior yang terinspirasi dari Acura Precision EV Concept, sebuah konsep mobil listrik yang sebelumnya telah dipamerkan.

Model Acura ZDX 2024 akan tersedia dalam dua varian, yaitu varian standar dan varian tertinggi, Type S. Kedua varian ini akan menawarkan teknologi canggih, termasuk integrasi dengan sistem Google melalui aplikasi dan layanan.

Assistant Vice President dari Acura National Sales, Emile Korkor, mengatakan bahwa kelahiran Acura ZDX menjadi momentum bagi brand tersebut dalam berkomitmen ke energi bebas emisi pada masa mendatang.

"Ini menandakan transisi kami menuju masa depan tanpa emisi dan menunjukkan komitmen kami terhadap "Precision Crafted Performance" di era elektrifikasi," kata Emile dalam keterangan resminya, Kamis, belum lama ini.

Terinspirasi dari Acura Precision EV Concept, Acura ZDX didesain oleh divisi dari Acura Design Studio di Los Angeles, AS. Didesain dengan jarak sumbu roda yang panjang dengan siluet ramping, desain ZDX merefleksikan era baru dari Acura.

Hal ini terlihat jelas pada fascia depan yang ditemani oleh pencahayaan DRL LED Jewel Eye yang ikonik dari merek tersebut. Bagian depan tampak mewah dengan grill berbentuk berlian pentagon yang timbul dalam 3D dan dapat menyala.

Bagian dalamnya juga memberikan kenyamanan level teratas dengan layar digital HD berukuran 22 inci yang menggabungkan antara tampilan kluster 11 inci dengan tampilan informasi pusat berukuran 11 inci yang terintegrasi dengan Apple CarPlay dan Android Auto.

Acura juga menjalin kolaborasi dengan Bang & Olufsen, produsen sistem audio premium asal Denmark. Melalui kemitraan ini, sistem audio berkualitas tertinggi dari Bang & Olufsen akan menjadi bagian dari model Acura ZDX 2024.

Kolaborasi ini tidak terjadi begitu saja, karena Acura dan Bang & Olufsen memiliki visi yang sejalan. Bang & Olufsen telah lama dikenal sebagai merek yang menyajikan sistem audio terdepan yang memberikan kenyamanan bagi penggunanya.

Menggunakan platform dari General Motors (GM), yakni Ultium, Acura ZDX tersebut dibekali oleh performa yang luar biaa sebagai kendaraan listrik perdana milik pabrikan.

Untuk varian ZDX A-Spec, dibekali dengan penggerak motor listrik belakang yang dapat memproduksi daya sekitar 340 dk. Tipe ini juga tersedia dalam konfigurasi penggerak semua roda dan motor listrik ganda.

Lalu ada Type S sebagai varian tertinggi dari ZDX yang dibekali dengan tenaga hingga 500 dk, menjadikannya sebagai mobil paling bertenaga yang pernah diproduksi oleh Acura yang menawarkan pengalaman berkendara yang berbeda.

Kedua varian ini dibekali dengan baterai 102 kWh yang membuat ZDX A-Spec melaju dengan jarak tempuh 506 km hingga 523 km. Sedangkan, untuk varian Type S mampu berjalan hingga 463 km dalam sekali pengisian daya.

Meskipun kepastian harga belum diungkapkan, namun anak perusahaan dari Honda tersebut akan membuka harga untuk Acura ZDX sekitar 60.000 dolar AS atau setara Rp922,2 jutaan. Mobil ini akan dikirimkan kepada pelanggan di AS dan Kanada pada awal 2024.