Bagikan:

JAKARTA - Dibandingkan dengan perusahaan otomotif lainnya, pabrikan kendaraan asal Jepang memang agak tertinggal dalam menghadirkan serta mengembangkan kendaraan listrik.

Namun, tidak ada kata terlambat bagi Suzuki. Saat ini, Suzuki tengah mengembangkan EV pertamanya yang diberi nama eVX. Berita tentang mobil listrik ini semakin hangat ketika Suzuki terlihat menguji mobil konsep eVX di jalan raya, bahkan terfoto saat sedang mengisi tenaga baterai di stasiun pengisian daya.

Dilansir dari laman Carscoops, Selasa, 18 Juli, Suzuki eVX terlihat sedang menjalani uji coba di jalan raya dengan bodi kendaraan yang dibalut stiker kamuflase berwarna hitam. Meskipun pabrikan berusaha menyembunyikan sebagian besar bodinya, tetapi desain keseluruhan eVX tetap bisa terlihat.

Mobil SUV ini memiliki desain yang khas dengan spatbor yang menonjol, bemper depan yang kokoh, kap mesin yang terpahat, dan lampu belakang yang lebar. Bagian depannya menggunakan grill yang sudah familiar dengan model Suzuki lain seperti Grand Vitara dan XL7. Sementara bagian sampingnya terlihat kokoh dengan tambahan sayap belakang kecil menggantung di atas kaca belakang.

Suzuki eVX memiliki dimensi sedang, dengan panjang 4.300 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.600 mm. Ukurannya mirip dengan model Suzuki sebelumnya, yaitu SX4 S-Cross.

3
Suzuki eVX yang sedang diuji coba di jalan raya. (Dok. Carscoops)

Sebenarnya, Suzuki eVX telah diperkenalkan sebagai konsep pada India Auto Expo 2023. Namun, saat itu Suzuki belum memiliki rencana untuk menjualnya secara komersial. Sehingga, mobil ini masih berada dalam tahap konsep.

Meskipun detail spesifikasinya belum diungkapkan, Suzuki mengklaim bahwa eVX akan dilengkapi dengan baterai berkapasitas 60 kWh yang mampu menempuh jarak hingga 550 km, sebuah angka yang mengesankan untuk ukuran kendaraan listrik.

Meskipun memiliki daya baterai dan jangkauan yang mengesankan, angka tersebut masih sedikit kalah jika dibandingkan dengan pesaing masa depan seperti Toyota bZ4x, yang memiliki kapasitas baterai 71,4 kWh. Namun, Suzuki tetap bisa bangga dengan jangkauan eVX yang hampir mencapai 500 km.

Bagi konsumen atau penggemar mobil Suzuki yang ingin melihat tampilan eVX tanpa kamuflase, mereka harus bersabar. Suzuki diperkirakan akan meluncurkan versi produksi eVX pada tahun 2024 mendatang.