Bagikan:

JAKARTA - Susul sejumlah merek otomotif lainnya, Suzuki segera akan meluncurkan kendaraan listrik (EV) pertamanya bernama eVX. Mobil berwujud crossover beberapa kali tertangkap kamera sedang diuji coba dan kini pengujian model versi produksi tengah dilakukan.

Melansir dari Gaadiwaadi, Kamis, 27 Juni, eVX kembali tertangkap kamera dengan eksterior yang ditutupi kamuflase. Namun, mobil tersebut kini diuji coba dengan desain pelek terbaru yang diyakini bakal dibawa ke versi produksinya.

4

Dalam tangkapan kamera baru-baru ini, menampilkan pelek berdesain T-shaped dengan lima palang alloy. Kemudian, terlihat bahwa mobil tersebut memiliki charging port di bagian depan fender.

Mobil SUV ini juga memiliki desain yang khas dengan sepatbor yang menonjol, bemper depan yang kokoh, kap mesin yang terpahat, dan lampu belakang yang lebar. Sementara bagian sampingnya terlihat kokoh dengan tambahan sayap belakang kecil menggantung di atas kaca belakang.

Pada bagian dalamnya, kemungkinan Suzuki akan mendesain ulang dashboard dan konsol tengah yang berbeda dari model lainnya. Fitur lainnya yang menjadi sorotan ialah layar sentuh besar yang terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto secara nirkabel.

Sementara itu, pabrikan berlogo ‘S’ ini juga hadirkan kluster instrumen digital, head-up display, pengisi daya nirkabel, pengatur suhu otomatis, dan sandaran kepala yang dapat diatur oleh pengguna kendaraan.

Kemudian, Suzuki eVX akan memiliki fitur canggih lainnya seperti kursi depan berventilasi, IRVM peredupan otomatis, mode penggerak putar, enam airbag sebagai standar, panel sunroof, sistem kamera 360 derajat, dan ADAS.

Dibangun di atas platform milik Toyota, yakni 27PL, SUV tersebut diperkirakan bakal hadir dengan dua varian baterai dengan 40 kWh dan 60 kWh. Dikabarkan bahwa kendaraan tersebut dapat berjalan hingga 550 km dalam sekali pengisian daya.

Menurut kabar yang beredar, Suzuki eVX juga didukung dengan sistem pengisian daya cepat dan fitur Vehicle-to-Load (V2L) dan ditawarkan dengan motor listrik tunggal dan ganda.

Mobil ini diungkap ke publik untuk pertama kalinya melalui gelaran Auto Expo 2023 di India dalam wujud konsep. Rencananya Suzuki eVX versi produksi akan dipasarkan di India mulai tahun 2025 mendatang.