Bagikan:

JAKARTA - Suzuki, perusahaan otomotif asal Jepang, terlihat masih tertinggal dalam mengembangkan dan memperkenalkan mobil listrik sepenuhnya jika dibandingkan dengan pesaingnya. Sebaliknya, Nissan dan Toyota telah lama meluncurkan serta mengembangkan mobil listrik mereka, seperti Leaf, Kicks e-Power, dan bZ4x.

Meski tertinggal, Suzuki tidak menganggapnya terlambat. Baru-baru ini, dikutip dari laman Gaadiwaadi, Jumat, 23 Juni, Suzuki terlihat menguji sebuah konsep mobil listrik pertamanya yang disebut Suzuki eVX. Dalam foto yang terjepret, mobil ini terlihat berada di Krakow, Polandia, di salah satu stasiun pengisian mobil listrik, dengan stiker hitam yang menyamarkannya.

Suzuki eVX memiliki dimensi sedang, dengan panjang 4.300 mm, lebar 1.800 mm, dan tinggi 1.600 mm. Ukurannya mengingatkan pada model Suzuki sebelumnya, yaitu SX4 S-Cross.

Meskipun sebagian besar bodi mobil ditutupi oleh stiker hitam, desainnya tetap terlihat. Bagian depannya menggunakan grill yang sudah umum digunakan pada model Suzuki lainnya, seperti Grand Vitara dan XL7. Bagian sampingnya terlihat kaku, dengan tambahan sayap belakang kecil yang menggantung di atas kaca belakang.

Suzuki eVX sebenarnya telah diperkenalkan pada India Auto Expo 2023 dalam bentuk konsep. Namun, Maruti Suzuki belum memiliki rencana untuk menjualnya saat itu.

Pabrikan menyatakan bahwa eVX akan dilengkapi dengan baterai berkapasitas 60 kWh yang mampu menghasilkan jarak tempuh impresif hingga 550 km. Dipastikan bahwa eVX akan tersedia sebagai model produksi pada akhir 2024 atau awal 2025.