Bagikan:

JAKARTA - Bukan rahasia khusus di pasar India, Toyota bermitra dengan Suzuki untuk berbagi platform dan model kendaraan. Kerja sama ini juga akan berlanjut dalam pengembangan mobil SUV listrik.

Dilansir dari Autocar India, Selasa, 5 Maret, Suzuki akan meluncurkan kendaraan listrik (EV) pertamanya, eVX yang akan diluncurkan pada Maret 2025 mendatang dan kemudian Toyota akan menghadirkan versi produksi dari konsep SUV Urban dengan basis yang sama di India pada enam bulan setelahnya.

Seperti yang diketahui, salah satu pabrikan otomotif terbesar di dunia ini memamerkan konsep Urban pada akhir tahun lalu. Mobil ini disebut sebagai opsi EV terjangkau yang pernah diperkenalkan oleh perusahaan.

Urban SUV memiliki panjang 4.300 mm, lebar 1.820 mm, tinggi 1.620 mm, dan wheelbase 2.700 mm, hampir sama dengan Suzuki eVX. Dari segi gaya, mobil ini juga menyerupai dengan konsep bZ Compact SUV yang pernah dipamerkan sebelumnya pada 2022 lalu.

5
Suzuki eVX

Mengusung desain minimalis, mobil ini menggunakan lampu LED DRL berbentuk ‘C’ di bagian depan dan bumper futuristis. SUV tersebut memiliki pola pelek lebar dan siluet tegak, sehingga memiliki kesan kokoh dan tangguh.

Bagian belakangnya memiliki bahasa desain yang mirip dengan eVX, terutama bagian pintu dan kacanya. Toyota Urban SUV ini memiliki handle pintu belakang yang diletakkan pada pilar C.

Meskipun bagian interior tidak diungkapkan, kemungkinan akan memakai desain dan komponen seperti eVX. Selain itu, mobil ini memiliki banyak ruang dan fleksibilitas berkat platform khusus EV, yakni 27PL.

Mobil ini akan menawarkan dua pilihan paket baterai, yakni 60 kWh dengan jangkauan sekitar 550 km dan versi entry-level dengan 48 kWh dengan jarak mencapai 400 km. Pabrikan asal Jepang ini mengatakan bahwa SUV tersebut memiliki opsi berpenggerak FWD dan AWD dengan motor listrik ganda untuk sejumlah pasar.