Bagikan:

JAKARTA - Penjualan ritel PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengalami kenaikan 12,9 persen pada semester pertama 2023 jika dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu.

Jika pada semester pertama 2022 ADM menjual 90 ribu unit, kali ini mereka berhasil membukukan penjualan ritel 102 ribu unit.

Secara volume dan kontribusi model, penjualan ritel Daihatsu selama semester satu 2023 didominasi oleh tiga model teratas, yaitu Sigra sebanyak 32.532 unit atau berkontribusi sekitar 31,7 persen, disusul Gran Max PU (Pick Up) sejumlah 21.712 unit (21,2 persen), dan Terios sebesar 13.795 unit (13,5 persen).

Selanjutnya ditempati oleh Ayla sebesar 12.102 unit (11,8 persen), Xenia sebanyak 11.177 unit (10,9 persen), Gran Max MB sebanyak 6.122 unit (6 persen), Rocky sejumlah 3.322 unit (3,2 persen) serta Sirion dan Luxio 1.753 unit (1,7 persen).

Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso mengatakan, pihaknya merasa bersyukur dalam semester pertama tahun 2023 ini penjualan ritel Daihatsu tetap meraih capaian positif.

"Kami bersyukur jumlahnya lebih dari 102 ribu unit, atau naik 12,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu," ujarnya, seperti dilansir dari Antara, Minggu, 16 Juli.

Merujuk dari capaian tersebut, kontribusi penjualan ritel Daihatsu terhadap market share ritel otomotif nasional sebesar 20,4 persen.

"Semoga capaian baik ini dapat terus berlangsung pada semester berikutnya, dan pasar otomotif tahun ini dapat lebih baik dibanding tahun sebelumnya,” ujar Hendrayadi.