JAKARTA - Daihatsu kembali mencatat hasil positif dalam penjualan ritelnya di pasar Indonesia. Pada bulan Oktober 2023, pabrikan berhasil mencapai penjualan lebih dari 164 ribu unit, mengalami peningkatan sebesar 4,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
Dengan pencapaian ini, Daihatsu turut memberikan kontribusi signifikan terhadap pangsa pasar otomotif di Indonesia, yang mencapai 19,9 persen atau mengalami kenaikan sebesar 0,8 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
“Kami bersyukur melihat penerimaan positif masyarakat terhadap Daihatsu hingga Oktober 2023, yang tercermin dari penjualan mencapai 164 ribu unit atau meningkat sebesar 4,4% dibandingkan tahun 2022," kata Tri Mulyono, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, dalam keterangan yang diterima VOI, Senin, 13 November.
BACA JUGA:
Secara rinci, penjualan ritel model Daihatsu masih didominasi oleh Sigra, mencapai angka 53.189 unit atau berkontribusi sekitar 32,4 persen. Disusul oleh GranMax Pick-Up dengan 36.082 unit atau menyumbang 22 persen, dan Terios yang melengkapi tiga besar dengan 21.385 unit atau 13 persen dari total penjualan.
Tiga model teratas ini diikuti oleh beberapa seri lainnya, antara lain Ayla dengan 19.092 unit (11 persen), Xenia 15.622 unit (9,5 persen), GranMax Minibus 10.535 unit (6,4 persen), Rocky 5.483 unit (3,3 persen), Luxio 2.388 unit (1,5 persen), dan Sirion 495 unit (0,3 persen).
“Semoga capaian positif ini dapat terus memotivasi kami dalam memberikan penawaran dan layanan terbaik kepada pelanggan,” tambah Mulyono.
Dalam sepuluh bulan terakhir, penjualan ritel di pasar otomotif nasional mencapai sekitar 825 ribu unit, mengalami peningkatan tipis sebesar 0,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang mencapai angka 822 ribu unit.