Rayakan Keberhasilan Produksi 8 Juta Unit Kendaraan, Daihatsu Janji Lanjuti Tren Positif
Perayaan keberhasilan PT Astra Daihatsu Motor Memproduksi 8 Juta unit kendaraan (sumber : Daihatsu Indonesia)

Bagikan:

JAKARTA - Distributor kendaraan Daihatsu di Indonesia, PT Astra Daihatsu Motor (ADM), baru-baru ini merayakan kesuksesan produksi yang ke-8 juta unit di Sunter Assembly Plant, Jakarta, yang bertemakan "Bersama Sahabat Membangun Negeri".

Pencapaian Daihatsu Indonesia tersebut juga didukung oleh peran dari beberapa pihak, di antaranya dukungan para pemangku kepentingan dengan melibatkan lebih dari 1.700 pemasok dan lebih dari 600 UMKM di Indonesia.

Daihatsu memiliki lima pabrik di Indonesia dengan memproduksi sebanyak 530.000 unit kendaraan dalam waktu satu tahun. Karena kapasitas produksi yang besar, membuat Daihatsu disebut sebagai salah satu pembuat mobil terbesar di Indonesia, sekaligus mampu menjadi basis produksi dalam memenuhi permintaan pasar domestik ataupun global.

Dalam penjualan ritel, Daihatsu juga mempertahankan posisi nomor dua selama 14 tahun berturut-turut, dengan mengekspor kendaraannya ke lebih dari 80 negara.

Yasushi Kyoda, selaku Presiden Direktur PT ADM, mengatakan bahwa pencapaian produksi ke-8 juta unit merupakan sebuah raihan yang luar biasa bagi perusahaan atas perannya dalam mengembangkan perindustrian otomotif di Indonesia.

"Kami mengucapkan terima kasih yang tulus atas kepercayaan dari seluruh pelanggan setia, pemerintah di Indonesia, serta seluruh pihak yang telah membantu capaian ke 8 Juta unit ini," kata Kyoda dalam keterangan resmi, Jum'at, 7 Juli.

Dalam gelaran acara tersebut, Menteri Perindustrian RI (Menperin), Agus Gumiwang, mengucapkan selamat atas pencapaian dari PT ADM di Indonesia. Dalam video sambutannya, ia berharap bahwa raihan yang diperoleh Daihatsu dapat ditingkatkan sehingga membuat pabrikan ini menjadi salah satu produsen kendaraan roda empat terbesar di Indonesia, di Asia Tenggara, bahkan dunia.

Semoga prestasi baik tersebut dapat ditingkatkan, dan semakin memantapkan posisi ADM sebagai salah satu produsen kendaraan bermotor roda empat terbesar di Indonesia, di Asia Tenggara, bahkan di dunia," imbuh Agus.

Walaupun telah meraih kesuksesan tersebut, ini tidak membuat PT ADM berpuas diri. Mereka terus berbenah dalam pertumbuhan sektor otomotif di Indonesia dengan membangun pabrik baru yang canggih serta ramah lingkungan di Karawang Timur, Jawa Barat.

PT ADM menginvestasikan sebanyak Rp2,9 triliun untuk pembangunan pabrik tersebut yang berkonsep E-SSC (Evolution, Simple, Slim, Compact), serta mampu memproduksi kendaraan sebanyak 140.000 unit per tahun demi mengembangkan kendaraan masa depan.