JAKARTA - Menjelang akhir tahun, penjualan ritel industri otomotif nasional pada 2023 hingga November telah mencapai angka lebih dari 908.462 unit dengan 179.023 kendaraan di antaranya merupakan mobil produksi Daihatsu.
Itu berarti, pabrikan asal Jepang tersebut berkontribusi cukup besar dalam penjualan ritel di pasar otomotif Indonesia sebanyak 19,7 persen selama sebelas bulan terakhir atau naik 0,7 persen dibandingkan dengan pencapaian tahun lalu pada periode yang sama.
“Kami bersyukur, menjelang tutup akhir tahun 2023, penerimaan masyarakat tetap terhadap Daihatsu tetap menunjukkan tren positif dengan dengan capaian penjualan ritel lebih dari 179 ribu unit, atau naik sebesar 3,8% dibandingkan tahun 2022 lalu,” kata Tri Mulyono, selaku Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation, dalam keterangannya, Rabu, 13 Desember.
BACA JUGA:
Daihatsu Sigra masih menjadi model dengan penjualan terbanyak dalam sebelas bulan tahun 2023 dengan menghasilkan 58.298 unit atau berkontribusi sebanyak 32,6 persen, disusul GranMax Pick-Up dengan 39.789 unit (22,2 persen), dan Terios berjumlah 23.088 unit (12,9 persen).
Untuk periode bulan November, pabrikan memperoleh penjualan mencapai 14.752 unit atau meningkat 0,7 persen dari pencapaiannya pada bulan lalu. Daihatsu berharap tren tersebut berlanjut hingga akhir tahun.
“Semoga capaian ini dapat terus memotivasi kami dalam memberikan penawaran dan layanan terbaik kepada pelanggan,” pungkas Tri.