Bagikan:

JAKARTA - Setelah diluncurkan secara global pada Maret lalu, Kia UK mengumumkan harga dan spesifikasi terbaru untuk SUV tiga baris mereka, yaitu Kia EV9, yang menawarkan desain menarik dengan performa yang mengagumkan.

Kia akan menawarkan tiga varian EV9 di pasar Inggris, yaitu Air, GT-Line, dan GT-Line S, semuanya adalah SUV tiga baris dengan kapasitas tujuh tempat duduk.

Desain eksterior mobil ini terinspirasi oleh filosofi "Bold for Nature", yang menggabungkan elemen alam dan dunia material. Desain EV9 ini juga dianggap sebagai tonggak bagi desain SUV listrik masa depan.

Secara keseluruhan, desain SUV listrik ini memiliki bentuk kotak dengan garis-garis tegas. Tampilan gagahnya diperkuat oleh struktur sepatbor berbentuk segitiga dan lengkungan roda yang menonjol, yang menyatu dengan badan mobil.

Lampu depan EV9 juga menarik perhatian dengan fitur inovatifnya, yaitu "Star Map LED daytime running lights (DRL)", yang menghasilkan berbagai pola pencahayaan. Bagian belakang mobil juga memiliki lampu ekor ramping yang menarik.

Bagian samping dilengkapi dengan pintu trim dan pintu berwarna Gloss Hitam, dengan pelek berukuran 19 inci sebagai standar. Varian GT-Line S memiliki pelek berukuran 21 inci. Bagian interior juga memiliki fitur menarik.

Menurut informasi resmi dari Kia UK, terdapat tiga layar pada bagian dasbor, yaitu tampilan kluster instrumen 12,3 inci, layar sentuh climate control 5,3 inci, dan layar sentuh sistem navigasi 12,3 inci dengan dukungan Apple CarPlay dan Android Auto.

Fitur menarik lainnya di dalam Kia EV9 meliputi pengisian gawai nirkabel, setir kemudi berpemanas, enam port USB-C, dan sistem AC dual-zone di bagian depan dan belakang yang tergantung di atap.

Untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan pengemudi, Kia juga menyediakan fitur-fitur seperti Smart Cruise Control, Blind-Spot Collision Avoidance Assist (BCCA) dengan Rear-Cross Traffic Assist (RCTA), pandangan monitor 360 derajat, dan sembilan airbag yang tersebar di kabin tiga baris.

Kia EV9 juga menawarkan tenaga yang mengesankan. Varian Air dilengkapi dengan motor listrik yang mampu menghasilkan daya sebesar 198 dk dan torsi 350 Nm, dengan penggerak roda belakang (RWD). Sementara itu, varian GT-Line dan GT-Line S, yang memiliki penggerak semua roda (AWD), mampu mencapai daya puncak hingga 372 dk dan torsi 700 Nm.

Untuk baterai, ketiga varian EV9 memiliki kapasitas baterai 99,8 kWh, yang memberikan jangkauan hingga 540 km dalam sekali pengisian daya bagi varian Air. Sedangkan untuk varian teratas, jangkauannyadipangkas menjadi 495 km dalam sekali pengisian daya baterai.

Harganya pun cukup bersaing dengan pesaingnya, Tesla Model X. Varian Air dibanderol mulai dari 64.995 poundsterling atau sekitar Rp1,2 miliar, varian GT-Line senilai 72.495 poundsterling atau sekitar Rp1,3 miliar, dan GT-Line S seharga 75.995 poundsterling atau sekitar Rp1,4 miliar.

Kia berencana untuk mengirimkan varian GT-Line S EV9 pada awal 2024, sementara varian Air dan GT-Line akan dikirimkan setelahnya.